Beberapa Jenis Aki Untuk UPS Kantor Anda

Baterai atau aki merupakan komponen yang cukup penting digunakan untuk menghidupkan dan mengoperasikan agar sebuah mesin bisa berfungsi. Aki sendiri memiliki kandungan elektrokimia dari proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik. Itulah mengapa aki bisa dijadikan sebagai pengganti listrik saat listrik padam.

Aki terbagi menjadi dua yaitu aki basah dan aki kering. Namun, kesibukan dalam beraktivitas membuat masyarakat kini lebih memilih untuk menggunakan aki kering meskipun harganya yang lebih mahal dari harga aki basah. Alasannya adalah karena aki kering ini mudah untuk perawatannya, tidak perlu diperiksa setiap hari, simpel, dan tidak perlu repot menambah air aki.

Pengertian dari UPS 

Apa itu UPS? Sebagian anda mungkin tidak asing dengan perangkat elektronik yang satu ini. Jika anda memiliki perangkat elektronik dirumah biasanya juga memiliki perangkat UPS sederhana yang digunakan. Nah, untuk memudahkan anda dalam memahaminya, sebaiknya anda harus tahu lebih dahulu apa yang dimaksud UPS. 

UPS singkatan dari Uninterruptible Power Supply yang memiliki pengertian yaitu sebuah perangkat hardware komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan utama atau PLN tidak berfungsi atau terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Di dalam komponen UPS terdapat baterai yang menjadi sumber listrik utamanya, ketika listrik mengalir melalui perangkat UPS maka secara otomatis baterai ini akan terisi penuh.

Contoh UPS untuk kantor, Sumber: blog.klikmro.com
Contoh UPS untuk kantor, Sumber: blog.klikmro.com

Perangkat ini memiliki peran yang cukup penting sebagai listrik cadangan sementara dengan backup time yang sangat cepat, tetapi hanya mampu bertahan dalam beberapa menit saja. Dalam waktu yang cukup singkat ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data yang belum sempat tersimpan dan mematikan perangkat-perangkat elektronik secara normal, contohnya komputer agar tidak merusak pada komponen hardwarenya.

Perangkat UPS juga akan menjadi sistem yang sangat penting dan sangat diperlukan oleh banyak perusahaan seperti perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, jasa informasi, penyedia jasa internet kantor, dan masih banyak lagi lainnya. Dapat dibayangkan berapa besar kerugian yang timbul akibat kegagalan daya listrik jika sistem tersebut tidak dilindungi dengan perangkat UPS.

Beberapa Jenis Aki UPS Untuk Sistem Kantor Anda

Mencari distributor UPS data center tentu perlu mengingat data center harus memiliki energi cadangan. Sistem UPS ini adalah salah satu komponen terpenting dalam infrastruktur daya kritis anda dan untuk UPS anda, baterai bisa dikatakan sebagai jantung dari sistem ini. Meskipun UPS anda membutuhkan jantung itu, baterai seringkali terlupakan.

Nah, dibawah ini akan dibahas secara detail baterai apa saja yang dapat digunakan di sistem UPS dan keuntungan serta kerugian dari setiap jenis. Sebagai catatan, apapun jenis baterai yang anda pilih tentunya baterai UPS harus diganti setiap periode. Berikut penjelasannya jenis aki UPS untuk kantor anda, diantaranya:

1. Valve Regulated Lead Acid (VRLA)

Jenis baterai ini merupakan jenis baterai yang paling banyak dijumpai pada unit UPS saat ini. Istilah katup yang diatur berkaitan dengan cara gas dilepas dari baterai. Jika tekanan gas menjadi terlalu besar di baterai, katup akan keluar saat gas mencapai tekanan tertentu. Air tidak dapat ditambahkan ke baterai VRLA, sehingga faktor yang meningkatkan penguapan, seperti suhu sekitar dan panas dari arus pengisian dan mengurangi masa pakai baterai.

Jenis aki VRLA, Sumber: criticalpower.solaredge.com
Jenis aki VRLA, Sumber: criticalpower.solaredge.com

VRLA biasanya memiliki biaya pemasangan yang lebih sedikit daripada baterai yang lain, tetapi baterai ini juga memiliki masa pakai yang lebih pendek dapat diperkirakan sekitar 5 tahun saja serta membutuhkan lebih sedikit perawatan daripada baterai sel banjir. Lingkungan yang terbaik untuk baterai VRLA adalah disimpan pada ruangan kering yang dikontrol oleh iklim.

Baca Juga: Pemasangan Neon Box

2. Sel Banjir atau Sel Basah

Sel banjir atau bisa disebut baterai VLA adalah baterai yang sangat andal dan biasanya memiliki masa pakai 20 tahun. Baterai ini terdiri dari pelat tebal berbahan dasar timbal yang dibanjiri dengan asam elektrolit. Ada lebih banyak tindakan pengamanan yang diperlukan untuk jenis baterai ini daripada jenis VRLA dan baterai ini membutuhkan ruang baterai terpisah sendiri karena potensi bahaya kimia yang ditimbulkannya.

Baterai ini juga biasanya memiliki biaya pemasangan yang lebih mahal daripada jenis baterai lainnya. Karena biaya modal dan bahayanya, baterai VLA menjadi kurang populer untuk digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Mereka juga memiliki persyaratan perawatan baterai tambahan yang perlu dipatuhi, seperti harus diisi dengan air suling, menjaga terisinya ketinggian air dengan benar, dan seringkali membutuhkan pemerataan.

3. Ion Lithium

Baterai Ion Lithium telah matang secara signifikan dalam desainnya untuk sejumlah kegunaan, seperti dapat digunakan pada kendaraan listrik dan tentu saja untuk sistem UPS. Keunggulan baterai ini adalah karena ukurannya kecil dan ringan, serta memiliki manajemen baterai yang terintegrasi dan tidak hanya memantau.

Penggunaan UPS untuk pekerjaan kantor, Sumber: serviceacjogja.pro
Penggunaan UPS untuk pekerjaan kantor, Sumber: serviceacjogja.pro

Baterai ini juga mengatur keseimbangan arus muatan, voltase, voltase sel, dan juga menyesuaikan masalah suhu berlebihan dengan melepaskan satu baterai atau string jika suhu naik di atas level aman. Manajemen baterai dapat mengirim alarm ke UPS dan juga memberitahu monitor cabinet baterai. Baterai Ion Lithium juga memiliki waktu pengisian dan pengosongan yang tinggi. Serta waktu pengisian terulang yang tinggi.

Hal ini membuatnya menarik dalam penerapan UPS non-konvensional, seperti berbagai jaringan dan dukungan kontrol proses industri. Baterai ini juga memiliki biaya operasional yang lebih rendah, karena hanya memerlukan lebih sedikit penggantian dan dapat beroperasi pada suhu lingkungan yang lebih tinggi. Sisi buruk dari jenis baterai ini adalah harganya bisa sangat mahal dibandingkan dengan kedua jenis baterai sebelumnya. Biasanya harga sekitar 40 persen lebih mahal daripada kedua baterai tersebut.

Itulah beberapa jenis aki atau baterai UPS untuk kantor anda. Perangkat UPS menjadi perangkat yang penting bagi perusahaan besar, maka penting untuk memilih kebutuhan aki untuk sistem UPS ini. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment

Open chat