Mengenal Jenis Dan Merk Aki Mobil Yang Bagus

Merk Aki Mobil Bagus – Aki merupakan salah satu komponen terpenting dalam kendaraan. Fungsinya sebagai sumber tenaga untuk mesin dan memberikan energi listrik tambahan bagi beberapa komponen mobil. Oleh sebab itu, pemilihan merk aki mobil yang bagus sangat penting dilakukan. Mengingat bahwa aki akan sangat menentukan performa prima sebuah kendaraan.

Memilih aki yang berkualitas tentu ada caranya, salah satunya adalah dengan mengetahui macam – macam merk aki mobil. Di bawah ini akan diulas beberapa merk aki mobil. Namun sebelum itu terlebih dahulu perlu kita ulas jenis-jenis aki yang ada sampai saat ini.

Lima Macam Type Aki

1. Aki Basah

Aki basah menjadi jenis aki yang paling umum dan paling mudah ditemukan ketimang jenis aki yang lain. Dinamakan sebagai aki basah karena di dalam aki ini terdapat cairan elektrolit atau air aki yang berupa asam sulfat.

Air aki basah mengandung timah antimoni yang akan cepat habis oelh sebab besarnya potensi penguapan. Aki ini dibandrol dengan harga yang relatif lebih murah dibanding jenis aki lainnya.

2. Aki Kering

Meski dinamakan aki kering, bukan berarti tidak ada cairan sedikit pun di dalamnya. Hanya saja aki jenis ini menggunakan cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium. Yang mana timah kalsium diklaim lebih hemat dibandingkan dengan timah antimoni pada aki basah.

Tidak hanya itu, perawatan aki kering umumnya tak serumit dari perawatan aki basah, karena tidak perlu mengisi ulang elektrolit. Meski begitu tentu saja aki jenis ini dipatok dengan harga yang umumnya lebih mahal ketimbang aki basah

3. Aki Kalsium

Berbeda dengan dua jenis aki sebelumnya, kutub aki ini terbuat dari material kalsium. Yang mana Aki kalsium memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah ketimbang aki yang dijual di pasaran pada umumnya.

Yang tidak kalah menariknya lagi adalah, daya tahan baterai aki kalsium yang sangat baik dalam menyalurkan listrik. Hanya saja, sekalipun unitnya tersedia namus aki jenis kalsium ini masih kurang populer di Indonesia. Hal ini tidak lain adalah dikarenakan harga yang dibanderol cukup mahal.

4. Aki Hybrid

Aki jenis yang satu ini merupakan gabungan atau kombinasi dari ketiga aki sebelunya. Ya, aki basah, aki kering dan aki kalsium maka terciptalah aki hybrid atau hibrida. Penguapannya pun terbilang minim dan lebih irit biaya perawatan.

K arena jumlahnya yang terbatas, aki ini tidak cukup mudah untuk bisa ditemukan di toko-toko. Terlebih lagi, cairan elektrolit di dalamnya diklaim punya efek korosif yang kuat dan berbahaya bagi manusia.

5. Aki Gel

Dan yang terakhir inilah yang menjadii aki paling canggih dibandingkan jenis lainnya karena tidak ada lagi cairan elektrolit, namun sudah digantikan dengan gel. Jika sampai gel tumpah, sifatnya tidak lagi korosif dibandingkan elektrolit pada aki lainnya.

Itu dia setidaknya lima jenis atau type aki yang ada setidaknya sampai dengan saat ini. Masing-maasingnya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihan tentu kembali lagi kepada Anda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Macam – macam Merk Aki Mobil yang Bagus

Berikut ini adalah macam – macam merk aki yang direkomendasikan untuk mobil kesayangan Anda;

Merk Aki Mobil Yuasa

Contoh produk Aki Mobil Yuasa. Sumber : Google
Contoh produk Aki Mobil Yuasa. Sumber : Google

Merk aki mobil Yuasa merupakan merk aki mobil terkenal. Sebagian besar orang mengetahui brand Yuasa ini. Hal ini juga didukung oleh gencarnya promosi pada beragam media masa, yang saat ini sangat mudah diakses semua orang.

Kepopulerannya ditunjang dengan kualitas terbaik yang ditawarkan. Misalnya saja, ukuran aki bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan keperluan pengguna. Selain itu, harganya juga terjangkau berkisar pada 700 ribuan. Jadi, sangat cocok untuk kalangan menengah yang ingin mengganti akinya.

Merk Aki Mobil GS Astra

Contoh produk Aki Mobil GS Astra. Sumber : Google
Contoh produk Aki Mobil GS Astra. Sumber : Google

Apabila menginginkan merk aki mobil yang bagus salah satu jawabannya adalah merk aki mobil GS Astra. Lantas mengapa merk ini direkomendasikan? Aki ini patut dicoba karena harganya yang lebih terjangkau yaitu berkisar pada 670 ribuan. Hal ini tentu menjadi bahan incaran bagi orang – orang yang butuh aki namun kantong sudah menipis.

Meskipun harganya cukup murah, tetapi kualitasnya tetap terjamin. Sehingga dapat menunjang keperluan listrik pada kendaraan roda empat yang dipunyai. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah, merk aki ini sudah dijual di toko online maupun offline. Tinggal cari saja melalui internet lalu pesan akinya.

Merk Aki Mobil Power Plus

Contoh produk Aki Mobil Power Plus. Sumber : Google
Contoh produk Aki Mobil Power Plus. Sumber : Google

Merk aki mobil yang bagus pasti akan memberikan kenyamanan pada setiap perjalanan seseorang. Sebagai pemilik mobil, seharusnya rajin memeriksa kondisi aki mobil sebagai salah satu komponen penting mobil. Meskipun budget terbatas tetapi jika aki harus diganti maka gantilah dengan aki yang harganya murah namun berkualitas. Seperti merk aki mobil Power Plus yang hanya berkisar 400 ribuan saja.

Pembeliannya pun mudah dilakukan karena sudah dipasarkan secara massal.
Merk aki mobil yang bagus pada dasarnya adalah ditentukan oleh diri sendiri dan kebutuhan mobilnya. Terdapat bermacam – macam merk yang produsen tawarkan. Mulai dari harga yang terjangkau hingga kualitas unggulan pun ada. Tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi ingat, ketika sudah diperlukan untuk berganti merk aki mobil yang bagus maka segeralah menggantinya, sebab aki juga berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. selain itu langkah antisipatif sebelum terjadi kerusakan jauh lebih baik ketimbang terlebih dahulu menunggu aki soak.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jangan lupa share dan nantikan artikel-artikel menarik lainnya. Selamat memilih dan mencoba.

Leave a Comment

Open chat