Tips Meningkatkan Tenaga Mobil

Bagi setiap pemilik mobil pasti sangat mendambakan mobil yang memiliki performa atau tarikan mesin mobil yang mempunyai tenaga yang sempurna.

Baik tidak, mobil yang memiliki performa maupun tenaga yang tinggi akan disegani oleh jalan. Karena demikian sebuah mesin ini sangat baik dan penting untuk kelancara dari fungsi mobil.

Meskipun mengubah pada bahan bakarnya menjadi energi kinetik untuk kemudian digunakan untuk menggerakkan mobil. Tidak hanya menguhab haban bakarnya saja tenaga mesin juga harus dihitunga dengan berbagai satuan.

Salah satunnya adalah pengukuran populer atau horspower.Maka dari itu semakin besar horspower akan semakin besar pula pengeluaran atau output tenaga yang dikeluarkan oleh sebuah mobil.

Gambar ilustrasi mesin mobil sumber mobilmo.com

Oleh karena itu meningkatkan tenaga mobil yang berumur atau sudah lama. Memang menjadi salah satu hal yang wajib kita lakukan agar kendaraan yang kita miliki tetap membeeikan kenyamanan dalam penggunaannya.

Namun bagi anda yang ingin menigkatkan tanga maupun performa mobil. Hal ini dapat dijadikan juga sebagai slaah satu mobil anda yang ingin mempunyai mesin tangguh.

Sehingga mobil anda bisa dijadikan sebagai paket lava tour merapi. Diman mesin yang memiliki performa akan dijadikan sebagai sebuah tenaga untuk dijadikan alat transportasi yang handal dan tangguh untuk dikendarainnya.

Maka dari itu kali ini saya akan memberikan tips mengenai  cara untuk meningkatkan tenaga maupun performa pada mesin mobil yang berumur secara efektif:

1. Mengganti Saluran Udara

Tips yang pertama dalam meningkatkan tenaga maupun performa pada mesin mobil adalah ganti saluran udara. Krean dengan mengganti saluran udara diharapkan dapat menyalurkamn udara masuk kedalam ruang pebakaran.

Gambar sedang memperbaiki mobil sumber kalteng-antaranews.com

Sehingga semakin banyak udara yang akan masuk ke dalam akan bercampur dengan bahan bakar dan disinilah cara membuat proses pembakaran menjadi lebih cepat dan jauh lebih sempurna. 

Maka dari itu dampak dari itu respon teanaga mobil anakn semakin meningkat saat gas ditekan. Maka jangan heran jika dari tips pertama ini akan membuat mobil kita memiiliki tambahan tenaga hingga 5 sampai 10 horspower.

2.  Memprogram Atau Merefresh ECU

Tips yang selanjutnya supaya mobil dapat meningkatkan tanaga adalah dengan mengganti ECU. ECU ini adalah sebuah chip komputer yang mengatur segala yang berhubungan dengan mesin pada mobil yang menganut sistem pembakaran injeksi.

Sehingga para pemilik mobil bisa menggantu chip ROM dalam engine control unit atau ECU untuk meningkatkan tenaga performa dalam mesin. Oleh karena itu  pemograman ulang ECU menjadi sangan penting untuk meningaktan tenaga pada mesin mobil.

Maka dari itu dalam beberapa kasus, rasio bahan bakar dan udara yang tepat juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Sehingga anda harus sangant selektif dalam memilih mekanik atau bengkel apabila hendak melakukan pemograman ulang atau mengganti ulang ECU dengan yang baru.

Gambar sedang memprogram ecu sumber wefixit.id

3. Ganti Saluran Pembuangan

Tips yang berikutnya adalah mengganti saluran pembuangan. Karena dari itu gas hasil pembakaran yang akan keluar melalui saluran knalpot juga memiliki peranan yang penting.

Maka salah satu caranya adalah mengganti sistem pembuangan agar dapat meningkatkan horspower pada mesin. Komponen ini ini semacam ventilasi ruang yakni saluran pembuangan sisa pembakaran.

Komponen dan sistem pembuangan yang canggih menggunakan pipa besar, header dan free flow mulffer untuk mengurangi hambatan udara atau tekanan balik. Sehingga pembuangan menjadi lebih lancar.

4.  Mengganti Katalisator

Katalisator merupakan tempat dimana udara dan bensin diubah menjadi tenaga. Untul standar pabrik biasanya katalisator hanya mampu memberikan tekanan yang rendah dan untuk meningkatkan tenaga.

Hal tersebut tentunya perlu mengunakan yang bertekanan tinggi. Oleh sebab itu solusinya adalah membeli dan menggantinnya dengna katalisator yang mempunyai tekanan tinggi terhadap pembakaran maka pilihlah katalisator aftermarket yang telah teruji kualitasnya.

Kita dapat menanyakannya dibengke-bengkel atau ditoko sparepart mobil yang khusus. Maka dari itu apabil anda mengganti katalisator maka mobil anda akan memeberikan tekanan tinggi yang sangan berpengaruh pada tenaga dimobil anda.

5. Penggantian Part Kaki-Kaki Mobil

Gambar part kaki-kaki mobil sumber hasrwheel.com

Mempunyai mobil yang telah memiliki performa dan tenaga yang tinggi saja tidak cukup apabila tidak seimbang. Oleh sebab itu agar semuanya berfungsi dengan sempurna maka harus diimbangi dengna penggantian pada bagian kaki-kaki mobil.

Yang mana akan menuju ke model sport supaya kehandalan yang dimiliki moboil dapat seimbang dengna performanya mobil. Carannya adalah dengan menggunakan coilover, akan tetapi terdapat efek yang timbul seperti kenyamanan mobil kurang bagus.

Maka dari itu hindari velg yang berat atau menggunakan velg yang ringan dan berkualitas dengan dibalut oleh ban yang ukurnnya lebih kecil agar akselerasi mobil kenjadi lebih kencang dan maksimal.

6. Setting Ulang Mesin Mobil

Tips yang berikutnya adalah mensetting ulang mesin mobil seperti mobil manual atau injeksi maupun jenis truk cargo. Setting ulang pada mesin mobil maupun truk tersebut agar power yang dihasilkan lebih efektif dan daya yang keluar dapat disalurkan ke bagian mesin yang lain dengan baik.

Sehinga kendaran lama yang belum menggunakan sistem injeksi biasannya proses seting mesin manual, akan tetapi pada kendaraan baru yang menggunakan sistem injeksi dan tourbocharged atau supercharged.

Proses yang dilakukan dengan menggunakan komputer karena bagian yang bertugas memcampur bahan bakar dan udara selama proses pembakaran diatur oleh perangkat elektronik yang lebih canggih. Maka dar itu proses seting dengna menggunakan komputer ini biasa disebut dengan reflesh.

Itulah beberapa ulasan mengenai tips meningkatkan tenag maupun performa pad mesin mobil. Semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam meningkatkan tenaga mesin mobil dan jangan lupa juga untuk membaca artikel kami yang lainnya mengenai tips mudah menguhur aki mobil. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Open chat