Simak! Harga Aki Mobil 60 Ampere Terbaru

Harga Aki Mobil 60 Ampere – Mesin bermotor pada saat ini umumnya sangat bergantung pada aki. Sebab aki inilah yang menjadi salah satu komponen penentu dalam sebuah mesin. Oleh karena itu penting untuk memilih aki yang tepat bagi kendaraan kita. Untuk bisa memilih aki yang tepat tentu butuh panduan atau informasi yang cukup.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih aki. Salah satu hal yang perlu kita pertimbangkan adalah arus aki tersebut. Umumnya arus pada aki bisa kita ketahui dari satuan AH (ampere hour) yang memang tertera pada body aki.

Aki dengan arus aki yang tidak sesuai dengan kapasitas arus yang dibutuhkan oleh kendaraan, akan sangat fatal akibatnya. Salah satu akibat fatalnya adalah soak atau aki akan tekor.

Ilustrasi mobil mogok akibat aki tekor. Sumber : Google
Ilustrasi mobil mogok akibat aki tekor. Sumber : Google

Lalu berapa arus atau AH pada aki yang umumnya dibutuhkan? Perlu terlebih dahulu kita ketahui terkait dengan pengaruh AH pada kelistrikan mobil.

Mengenal AH Pada Kelistrikan Mobil

AH atau ampere hour adalah kuat arus listrik maksimal yang mampu dikeluarkan oleh aki dalam waktu satu jam. Misalkan, aki memiliki spesifikasi 12 V 40 AH. Itu artinya aki memiliki tegangan 12 volt dan mampu mengeluarkan arus 40 Ampere dalam waktu satu jam sebelum kosong.

Selanjutnya perlu dibedakan antara kuat arus dan ada daya listrik. keduanya berbeda, kuat arus itu menyatakan jumlah besaran aliran listrik pada suatu rangkaian sementara daya listrik yang memiliki satuan watt adalah daya yang diperlukan sebuah perangkat kelistrikan untuk bisa menyala dengan sempurna.

Prinsipya kapasitas AH pada aki tidak boleh kurang daripada kebutuhan kelistrikan mobil. Lalu jika sebaliknya? Jika AH pada aki lebih besar daripada kebutuhan kelistrikan mobil ? Tentu bisa, justru itu bagus. Sebab sistem kelistrikan mobil bisa lebih terjamin.

Hanya saja aki dengan AH besar, biasanya punya dimensi yang juga lebih besar, serta harga yang tentunya lebih mahal. Jadi kalau memang kebutuhan mobil anda memiliki 35 AH misalnya maka setidaknya Anda bisa memasukkan aki dengan kapasitas 45 AH saja.

Sampai di sini kita bisa menyimpulkan bahwa, kebutuhan AH pada kendaraan bisa sangat beragam. Ada yang 35 Ampere, 40 Ampere, 45 ampere, dan 60 ampere. Kapasitas tersebut hanya sebagai gambaran, untuk memilihnya anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan mobil anda sebagaimana aadanya.

Sedangkan untuk harga aki mobil 60 Ampere sendiri cukup bervariasi. Hal ini karena perusahaan yang memproduksi aki semakin menjamur. Terlebih lagi di Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar.

Ilustrasi pengguna mobil yang terbilang banyak di Indonesia. Sumber : detiknews
Ilustrasi pengguna mobil yang terbilang banyak di Indonesia. Sumber : detiknews

Pengguna kendaraan mobil pribadi juga tergolong banyak, khususnya di kota – kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Semarang. Hal ini tentu menjadikan sasaran potensial bagi para produsen aki untuk menjual produk unggulannya.

Aki Mobil 60 Ampere

Aki mobil 60 Ampere merupakan jenis aki mobil yang bisa menghasilkan output energi sebesar 60 Ampere saat mobil dinyalakan. Harga aki mobil 60 Ampere juga menjadi incaran. Sebab adanya komponen aki ini akan berguna sebagai pemberi arus listrik untuk keperluan starter mesin mobil yang cukup.

Sebagian besar aki mobil berasal dari asam timbal 12 volt serta mampu bertahan sekitar 4 hingga 6 tahun. Hal ini ditunjang oleh penggunaan material – material serta teknologi modern. Sehingga aki menjadi lebih awet atau tahan lama.

Baca Juga : Optimalkan Kelistrikan Pada Mobil Anda Dengan Inverter Aki Mobil

Sebenarnya mengenai pengisian aki, secara langsung aki mobil telah mengisi ulang dengan alternator pada kompartemen engine. Sehingga aki akan selalu siap untuk dipakai. Selain untuk menyalakan mesin kendaraan, aki mobil ini juga digunakan untuk berbagai keperluan lain di dalam mobil, seperti perangkat navigasi, lampu, audio dan lain – lain.

Harga Aki Mobil 60 Ampere

Membicarakan mengenai harga aki mobil 60 Ampere yang berkualitas akan cukup panjang pembahasannya. Hal ini karena produsen aki mobil yang cukup banyak dan menawarkan berbagai merk dengan masing-masing kelebihannya. Mulai dari merk aki mobil GS Astra, Yuasa, Incoe dan lainnya. Harganya dibandrol antara 6 ratus ribu hingga 1,5 jutaan.

Kelebihan yang ditawarkan antara lain tidak membutuhkan perawatan ekstra, sehingga pengguna tidak harus mengecek dan menambah air aki. Selain itu, daya tahan dan daya start-nya yang tinggi. Sangat cocok untuk iklim tropis di Indonesia dan dapat menyimpan energi dalam jangka waktu yang lebih lama. Lalu, bebas dari perkaratan dan mesin mobil tetap terjaga kebersihannya.

Berikut ini terdapat beberapa rincian harga aki mobil dari beragam tipe, diantaranya adalah Aki GS Astra 55d23l dengan harga 760 ribu rupiah, Aki kering Yuasa 55d23l dengan harga 1,040 juta rupiah, aki GS Astra tipe GS Premium dengan harga 1,29 juta rupiah, Aki mobil Panasonic 55d23l dengan harga 800 ribuan dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu contoh GS Astra  55d23l. Sumber : Google
Salah satu contoh GS Astra 55d23l. Sumber : Google

Demikianlah beberapa informasi mengenai harga aki mobil 60 Ampere. Serta bebrapa informasi pendukung yang di ulas pada bagian ala. Semoga dapat bermanfaat dan menjadikan ulasan kali ini penambah pengetahuan pembaca. Semakin tahu tentang dunia otomotif, khususnya mengenai aki mobil.

Terkait dengan harga aki mobil di pasaran mungkin akan berbeda – beda. Sebab masing – masing toko akan menentukan harganya sendiri. Tetapi jangan khawatir karena tidak akan jauh berbeda dengan kisaran yang telah disebutkan. Hal ini dikarenakan persaingan harga selalu ada di antara para kompetitor.

Terakhir, hal yang juga perlu diperhatikan ketika sudah mendapatkan aki yang cocok dengan kapasitas kebutughan mobil Anda, serta telah mendaapatkan sesuai dengan harga ang diharapkan, Anda juga perlu untuk terus menerus secara rutin memeastikan kondisi mesin terlebih aki.

Jangan lupa share dan nantikan artikel menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Open chat