Optimalkan Kelistrikan Pada Mobil Anda Dengan Inverter Aki Mobil

Inverter Aki Mobil – Pada umumnya mobil hanya digunakan untuk berkendara sehari-hari, karna memang alasan utama dibuatnya mobil adalah sebagai alat transportasi yang memindahkan sesuatu dari satu tempat ke satu tempat lainnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan saintek, fungsi dan kegunaan mobil juga turut mengalami perkembangan.

Saat ini sudah banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di dalam mobil, seperti men-charge baterai HP dan perangkat sejenis lainnya. Lalu munculpertanyaan tentang apakah daaya listrik yang ada bisa atau cukup memadai untuk menunjang bertambahnya kebutuhan akan listrik?

Jawabannya tentu bisa dan cukup jika dilakukan penyesuaian antara besaran kebutuhan listrik dengan kapasitas listrik berikut alat-alat penunjang untuk itu. Nah untuk mendukung hal ini tentu perlu adanya alat pendukung yang berperan dalam menyambungkan perangkat tersebut dengan aki mobil yang berfungsi untuk menyuplai listrik dari aki ke peralatan elektronik Anda.

Sehingga wajar jika banyak dari para pengguna kendaraan saat ini, selain memerlukan tegangan listrik DC 12 volt juga mulai memerlukan arus AC 220 volt. Hal ini diperlukan guna menunjang aktivitas lain di dalam mobil sebagaimana dissebutkan sebeumnya.

Alat penunjang yang dimaksud tentu adalah alat yang mampu mengubah arus listrik sedemikian rupa sehingga bisa lebih diefektifkan dalam penggunaan dayanya. Alat penjang ini seringkali disebut dengan inverter.

Apa Itu Inverter

Contoh Inverter 3000 watt. Sumber : Google
Contoh Inverter 3000 watt. Sumber : Google

Power inverter, atau inverter, merupakan konverter daya listrik yang mengubah arus searah (DC) menjadi alternating current (AC), AC dapat dikonversi pada setiap tegangan yang diperlukan dan frekuensi dengan penggunaan transformator, switching, dan kontrol sirkuit yang tepat. Inverter tidak memproduksi daya listrik sendiri, daya disediakan oleh sumber arus searah (DC)

Alat inverter aki mobil ini dapat mengubah arus DC pada accu atau aki menjadi arus listrik AC yang biasa dihasilkan oleh PLN. Prinsip kerja dari inverter ini adalah serupa adaptor. Namun perlu diketahui bahwa kumparan atau trafo diposisikan terbalik. Hal ini dimaksudkan agar voltase yang dihasilkan dari inverter meningkat drastis dan arusnya diubah menjadi bolak-balik.

Baca Juga : Simak! Harga Aki Mobil Hitachi Berikut

Inverter aki mobil memanfaatkan outlet 12 volt yang tersedia di mobil sebagai input-nya. Untuk output-nya sendiri inverter menyediakan kebutuhan daya listrik yang besarnya bergantung pada kebutuhan Anda. Ada inverter berdaya 100-300 watt, bahkan ada yang di atas 1000 watt. Untuk harga sendiri bervariasi bergantung pada watt-nya. Jika yang 200-300 watt harganya sekitar RP 400.000- Rp 700.000, sedangkan untuk yang diatas 1.000 watt bisa mencapai Rp 1,8- Rp 3,5 juta rupiah.

Fungsi Inverter

Prinsip kerja inverter terbilang cukup sederhana, yaitu mengubah arus listrik searah (DC) yang ada di mobil (aki mobil) menjadi arus listrik bolak balik (AC) sama seperti listrik yang digunakan untuk rumah tangga.

Caranya cukup dengan mencolokkan konekktor listrik dari power inverter ke socket lighter. Arus listrik DC 12 volt akan berubah menjadi AC 120 volt. Dalam menyalakan alat ini, tentu saja mesin mobil harus dalam keadaan menyala atau dihidupkan, agar baterai di aki tidak tekor.

Nah, dengan begitu, bahkan mobil Anda dapat digunakan sebagai genset darurat saat diperlukan semisal ketika mati listrik dalam tempo yang cukup lama, atau ketika Anda sedang dalam momen camping di tengah hutan belantara yang belum tersedia aliran listrik.

Output yang dihasilkan dari power inverter bisa digunakan untuk penggunaan listrik dalam skala kecil, mulai dari penerangan (lampu), menyalakan kipas angin, televisi, dan tentu saja mengisi ulang baterai laptop serta gadget kesayangan. Alat ini bahkan bisa dipakai untuk menyalakan kulkas hingga mesin cuci.

Contoh BESTEK 300Watt Adaptor. SUmber : spbukita.com
Contoh BESTEK 300Watt Adaptor. SUmber : spbukita.com

Besar kecilnya kekuatan listrik yang dikeluarkan tergantung daya power interver, ada yang 200 watt, 300 watt, 500 watt dan seterusnya. Harganya juga bervariasi, di toko belanja online dijual mulai Rp 150 ribuan hingga jutaan.

Nah, bagi Anda yang sering bepergian jauh sambil bekerja di dalam mobil, rasanya sah-sah saja menyiapkan power inverter untuk mengisi ulang baterai laptop. Atau bisa juga dipakai untuk mengisi ulang baterai kameran digital, baterai drone, atau hanya sekadang memasak air panas untuk menikmati secangkir kopi menggunakan pemanas air listrik saat berada di tempat terpencil.

Selain berguna untuk men-charge HP dan peralatan elektronik lainnya, inverter juga memiliki fungsi lain seperti, jika Anda ingin main PlayStation di dalam mobil, Anda dapat menggunakan inverter. Jika Anda sedang berkemah di alam terbuka dan memerlukan penerangan dengan lampu neon dengan daya sebesar 220VAC Anda dapat menggunakan inverter sebagai solusinya.

Baca Juga : Begini Cara Membaca Indikator Gambar Aki Pada Mobil

Keunggulan Inverter

Keunggulan dari inverter adalah memiliki ukuran yang kompak, ringan, dan efisien. Tanpa suara keras seperti kalau menggunakan genset. Low battery auto shutdown. Low battery alarm (jika aki hampir habis) . Menghasilkan energi yang stabil sehingga tidak akan merusak peralatan elektronik. Bisa digunakan sebagai pengganti genset apabila terjadi pemadaman listrik.

Genset vs Inverter. Sumber : selera.id
Genset vs Inverter. Sumber : selera.id

Nah, itulah ulasan mengenai inverter aki mobil dan kegunaannya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dengan menggunakan inverter ini. Selain alat yang praktis digunakan juga hemat biaya.

Yang paling penting adalah carilah inverter sesuai dengan kebutuhan Anda dan kapasitas mobil Anda. Salah pilih bisa berisiko bagi kendaraan Anda. Karna di soal kelistrikan bukan hanya hemaat dan nyaman yang menjadi faktoor pertimbangan, tapi juga ada faktor aman yang juga harsu kita perhatikan.

Faktor aman ini salah satunya adalah soal kesesuaian kebutuhan dengan pengadaaan daya listrik. Selamat mencoba. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat. Anda juga bisa share dan simak arikel menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Open chat