Kenali! Tanda-Tanda Aki Mobil Soak

Tanda Aki Mobil Soak – Kehidupan berikut segala sesuatu yang menjadi bagian secara langsung dengan kehidupan itu sendiri, dalam hal ini adalah manusia, hewan, tumbuhan sampai dengan segala macam dan bentuk sarana kehidupan yang ada tidak pernah luput dari lebih dan kurang.

kelebihan dan kekurangan melekat erat pada segala sesuatu selama sesuatu itu masih tergolong ke dalam sesuatu yang dicipta, terlebih lagi sesuatu yang ditemukan oleh para penemu. Di antaranya adalah perihal mesin berikut segala sesuatu yang tercakup di dalamnya.

Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau alat membantu mempermudah pekerjaan manusia. umumnya membutuhkan sebuah masukan sebagai pemicu, mengirim energi yang telah diubah menjadi sebuah keluaran, yang melakukan tugas yang telah disetel.

Mesin sampai dengan saat ini telah dan terus membantu manusia dalam mengembangkan kemampuan dirinya. meringankan yang berat, mempercepat yang lambat hingga menyederhanakan yang rumit. Perbedaan utama dari alat sederhana dan mekanisme atau mesin sederhana adalah sumber tenaga dan pengoperasian yang bebas.

Mesin dalam perkembangannya menjadi sedemikian beragam, hingga kita kenal salah satunya adalah mesin motor sebagai cikal bakal dari berbagai jenis kendaraan transportasi hari ini. Mobil misalnya.

Ilustrai salah satu mobil klasik. Sumber : Unsplash
Ilustrai salah satu mobil klasik. Sumber : Unsplash

Mobil dan mesin sudah menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Sebab tanpa mesin mobil tidak akan berfungsi sebagaimana ia diperuntukkan. Tanpa mesinn mobil itu sendiri agaknya tidak lag bisa disebut dengan mobil. Nah ada satu komponen yang mengambil peranan dalam mesin itu sendiri, ya betul, komponen tersebut adalah aki.

Peranan penting aki pada sebuah mesin bisa kitalihat dari fungsi aki itu sendiri. Fungsi utama dari aki adalah menyuplai daya listrik ke berbagai komponen-komponen mobil lainnya. Saat aki mobil tidak berfungsi sebagaimana seharusnya maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil jelas akan menjadi terganggu.

Maka memahami atau mengetahui kondisi aki yang baik sampai dengan kondisi aki yang buruk menjadi sangat penting. Kondisi aki soak misalnya. Tentu saja harus diperhatikan terlebih dahulu tanda atau cirinya.

Pada umumnya tanda aki mobil soak salah satunya adalah mesin mobil sulit untuk dinyalakan atau di-starter. Mengenai tanda – tandanya yang lain Anda juga perlu tahu. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan sejumah tanda-tanda aki mobil yang soak.

Tanda – tanda Aki Mobil Soak

Berikut ini adalah beberapa tanda kalau aki Anda tidak sedang baik-baik saja, atau soak yang tentunya perlu untuk diketahui guna memastikan kondisi aki sebenarnya;

Pertama, Susah Di-starter

Sebagai tanda aki mobil soak adalah mesin susah nyala atau sulit untuk di-starter. Ketika dibiarkan dalam hitungan jam mobil tidak menyala atau setelah semalaman dibiarkan di garasi mobil. Maka sudah jelas bahwa aki mobil itu soak. Jika sudah demikian maka aki perlu diganti dengan yang baru agar mobil dapat berjalan normal seperti sedia kala.

Ilustrasi starter mobil. Sumber : Google
Ilustrasi starter mobil. Sumber : Google

Perlu diperhatikan juga, air aki berada di level max atau low tidak kurang dari batasan tersebut. Banyak yang berpikir bahwa hal itu dapat diatasi dengan di-charger atau didorong saja. Memang hal tersebut dapat membantu. Akan tetapi, bila sudah dilakukan kedua hal itu mobil kembali tidak hidup maka bersiaplah untuk berganti aki.

Kedua, Usia Aki

Tanda kedua yang perlu diperhatikan adalah usia aki mobil. Sebagai bahan pertimbangan pergantian aki tentu adalah lama aki digunakan. Biasanya untuk mengetahuinya dapat dicek melalui tanggal yang sering dituliskan penjual pada aki. Sehingga akan mudah diketahui usianya. Secara umum aki baru akan bertahan hingga dua tahun, tetapi tergantung pemakaian penggunanya juga.

Ketiga, Adanya Bau Aki

Apabila kendaraan mobil dihidupkan tercium bau aki, maka perlu ditelusuri jangan sampai diabaikan begitu saja. Bau aki tersebut akan muncul karena sel – sel aki telah mengalami kerusakan. Sehingga pada saat mobil menyala air aki akan tampak mendidih. Selain itu aki juga terlihat remuk atau mengembang. Solusinya adalah segera mengganti aki mobil.

Keempat, Keruhnya Aki

Tanda aki mobil soak yang lainnya adalah air aki menjadi keruh. Munculnya kekeruhan pada air aki ini, disebabkan karena pemakaian yang sudah terlalu lama. Selain itu, adanya kotoran di dalam aki yang menumpuk dalam jangka waktu lama. Sehingga warna aki akan berubah menjadi gelap atau tidak sejernih saat baru.

Saat ini terjadi, salah satu langkah yang perlu anda lakukan adalah menguras air aki mobil Anda.

Kelima, Tegangan Kurang Dari 10 Volt

Saat ingin mengecek aki benar – benar masih bagus atau tidak dapat dilakukan dengan cara men-charger aki. Kemudian lihatlah tegangan yang tertera. Apabila tegangan aki di bawah 10 volt, itu menandakan bahwa aki telah rusak. Tegangan 10 Volt tersebut tidak dapat digunakan untuk menyalakan mesin mobil.

Keenam, Suara Klakson Melemah dan Lampu Redup

Tanda aki soak yang terakhir adalah melemahnya suara klakson serta lampu kendaraan yang melemah dan meredup yang pada umumnya terdengar menggelegar serta terang sebagai pertanda bagi pengendara lain. Maka ketika Anda mendapati kondisi klakson dan lampu yang melemah dari kondisi normal pada umumnya, itu bisa menjadi pertanda aki kedaraan Anda sedang bermasalah.

Ilustrasi lampu mobil dalam kondisi baik. Sumber : Unsplash
Ilustrasi lampu mobil dalam kondisi baik. Sumber : Unsplash

Kondisi klakson serta lampu yang lemah bisa sangat membahayakan para pengendara, sebab sang pengemudi tidak dapat memberikan kode suara serta menerobos gelapnya jalan akibat sinar cahaya yang dihasilkan oleh lampu redup.

Jadi, itulah beberapa tanda aki mobil soak yang dapat dijadikan pengetahuan baru bagi Anda. Keenam tanda – tanda yang sudah dijelaskan di atas, perlu diperhatikan dan dipahami dengan baik. Sehingga dapat mencegah sedini mungkin serta mengatasi aki mobil tekor dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Open chat