Tips Mudah Mengukur Tegangan Aki Mobil

Tegangan Aki Mobil – Aki pada mobil memiliki peranan penting aki mobil yang sudah seharusnya Anda ketahui. Komponen yang satu ini juga sering disebut dengan istilah accu. Aki atau accu merupakan sebuah sel listrik dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel ( dapat berbalikan ), dan memiliki efisiensi yang sangat tinggi.

Adapun proses elektokimia yang reversibel sendiri maksudnya adalah berlangsungnya proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik (proses pengosongan) dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia, pengisian kembali dilakukan dengan cara regenerasi dari elektroda – elektroda yang dipakai, yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah atu polaritas yang berlawanan di dalam sel.

Peranan Penting Aki

Peranan penting aki pada mobil. Sumber : Google
Peranan penting aki pada mobil. Sumber : Google

Penyimpanan Energi

Umumnya peranan aki pada dasarnya adalah sebagai tempat untuk penyimpanan energi dalam bentuk energi kimia di dalam kendaraan anda. Peranan ini seperti halnya peran baterai pada HP atau jam dinding atau semacamnya

Komponen Penyuplai Energi Ke Starter

Aki di samping berperan dalam menyimpan daya, juga berperan dalam mensuplay daya ke starter kendaraan Anda. Jika aki tidak berfungsi dengan baik dalam kasus motor, agaknya masih bisa dihidupkan dengan cara manual. Namun jika terjadi pada mobil?

Baca Juga : Belum Tau Berapa Ampere Aki Mobil Anda? Simak Ulasan Berikut

Komponen Penyuplai Energi Ke Sistem Pengapian

Aki juga berperan sebagai penyuplai energi ke sistem pengapian pada kendaraan anda. Sistem pengapian itu sendiri juga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Sistem pengapian ini adalah sistem yang berperan dalam menjalankan mesin mobil anda

Komponen Penyuplai Energi Ke Bagian Lampu

Lampu mobil turut menjadi bagian dari komponen mobil yang bergantung pada aki. Sumber : Google
Lampu mobil turut menjadi bagian dari komponen mobil yang bergantung pada aki. Sumber : Google

Lampu pada mobil juga tentu saja menjadi bagian yang bisa beroperasi dengan baik karna suplay daya dari aki. Apa jadinya jika berbagai lampu terlebih lampu pada bagian depan mobil tidak mendapatkan suplay daya dari adki tentu akan sangat berbahaya berkendara dalam gelap

Komponen Penyuplai Energi Ke AC

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, komponen pendingin ( yaitu AC ) yang terdapat pada mobil sangatlah dibutuhkan keberadaanya di dalam kendaraan kita. Sedangkan bekerjanya ac atau tidak sangat mengandalkan suplay daya dari aki.

Komponen Penyuplai Energi Ke Komponen Yang Lainnya

Tentu saja masih banyak komponen lain yang dalam perasinya juga sangat bergantung pada suplay daya dari aki. Misalkan pada bagian audio atau video yang ada di dalam kendaraan anda, charging “ HP anda di mobil, dan agakknya masih banyak lagi komponen dan bagian-bagian pendukung yang sangat membutuhkan peran dari aki.

Ilustrasi charging hp dengan daya dari aki mobil. Sumber : tirto.id
Ilustrasi charging hp dengan daya dari aki mobil. Sumber : tirto.id

Nah setidaknya sampai di sini kita sudah sangat terbayang pentingnya peranan aki pada berjalannya mobil berikut keseluruhan komponen-komponen inti maupun kompnen pendukung. Dari sini menjadi sangat penting ntuk memilih aki yang tepat serta merawat aki secara rutin.

Perawatan aki mobil selain pemeriksaan batas ketinggian air pada aki juga memastikan tegangan aki mobil. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih dini keadaan aki yang sebenarnya sehingga tidak mudah soak ataupun haus.

Pemeriksaan tegangan ini bisa menggunakan alat multi-meter yang bisa digunakan untuk mengecek komponen listrik lainnya. Multi-meter pun mudah digunakan untuk mengecek tanpa ribet. Pengecekan bisa dilakukan dalam keadaan mati ataupun hidup pada mobil.

Cara Mengukur Tegangan Aki Mobil

Berikut cara penggunaan multi-meter untuk mengecek tegangan aki mobil, berikut ulasannya:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu membuka kap mobil. Kemudian, temukan posisi akinya. Setelah itu, cari terminal positif (+) pada bagian aki. Langkah berikutnya lepaskan pelindung pada terminal positif tersebut
  2. Tahapan selanjutnya juga masih mudah untuk dilakukan yaitu menghubungkan kabel positif multimeter biasanya berwarna merah ke terminal positif pada bagian aki mobil
  3. Tahapan sebaliknya juga dilakukan yakni menghubungkan kabel negatif multimater berwarna hitam ke terminal negatif pada aki mobil. Cara yang mudah untuk dilakukan bukan untuk membedakan kabel positif ataupun negatifnya.
  4. Apabila aki mobil berfungsi, maka tegangan pada meteran multi meter harus menunjukkan nilai sekitar 12,5 hingga 12,8 volt. Jika nilai kurang dari 12,5 maka itu pertanda bahwa aki tersebut perlu di charge kembali.
Ilustrasi proses charging aki mobil. Sumber : cintamobi.com
Ilustrasi proses charging aki mobil. Sumber : cintamobi.com

Lain caranya jika pemeriksaan aki mobil menggunakan multimeter setelah mobil dinyalakan, inilah urutan prosesnya:

  1. Pengukuran ini harus dilakukan saat kondisi mobil sudah menyala. Berikutnya hubungkan kabel positif multimeter berwarna merah ke terminal positif aki mobil, untuk kabel negatif multimeter berwarna hitam sambungkan ke terminal negatif aki mobil
  2. Selanjutnya, periksa hasil pengukuran dari langkah pertama. Kisaran nilai tegangan normal sekisar 13,5-14,5 volt atau bahkan lebih. Jika tegangan aki tidak bisa mencapai batas 13,5 volt maka artinya alternator tidak bisa memproduksi cukup arus untuk pengisian akinya. Maka perlu segera membawa mobil ke bengkel untuk pengecekan alternator pada mobil
  3. Cara selanjutnya untuk mengecek tegangan aki mobil yaitu melakukan pengujian fungsi alternator di bengkel mobil langganan. Bisa jadi alternator sudah aus maka perlu diganti, alih-alih aki mobil juga perlu segera untuk diganti karena sudah tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Memasang Aki Mobil dengan Benar

Langkah-langkah di atas memang mudah untuk dilakukan namun jika sampai salah langkah dalam melakukannya bisa berbahaya atau malah bisa memperparah kondisi aki tersebut.

Jadi itulah beberapa langkah mudah mengecek tegangan aki mobil. Hanya perlu alat multimeter untuk mengenali tegangan mobil tersebut pada kategori batas normal ataupun ada tanda-tanda aki sudah soak.

Semakin awal kita mengetahui indikasi adanya masalah pada aki mobil maka kejadian yang tak diharapkan bisa diminimalkan atau diantisipasi sedini mungkin sehingga perjalanan memakai kendaraan beroda 4 lebih aman dan nyaman.

Mudah-mudahan tips di atas bisa membantu Anda dalam mengukur tegangan aki mobil dengan mudah. Anda bisa turut sahre informasi menarik ini serta menyimak ulasan-ulasan menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Open chat