Berikut Harga Aki Kering Mobil Innova Terbaru

Harga Aki Kering Mobil Innova – Aki sudah menjadi komponen yang sangat popuer dan familiar dalam dunia otomotif. Mengingat peran penting aki pada mesin bermotor jelas tidak tergantikan. Setidaknya sampai dengan saat ini. Seperti halnya jam dinding tanpa baterai, atau berbagai alat elektronik tanpa listrik. Begitulah kurang lebih mesin bermotor tanpa aki.

Jenis aki sendiri seiring dengan pesatnya perkembangan otomotif turut berkembang. Hal ini berbanding lurus dengan kian kompleksnya kebutuhan dan keinginan manusia, juga tingkat inivatif dan kreatifitas dalam penemuan-penemuan baru para penemu atau ilmuan.

Jenis-Jenis Aki

Sebuah aki mampu menyimpan sejumlah energi listrik yang selanjutnya didistribusikan ke berbagai komponen kelistrikan padamobil. Tanpa adanya aki, maka kendaraan tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Ilustrasi Aki Gel. Sumber : Google
Ilustrasi Aki Gel. Sumber : Google

Type aki mobil sendiri sudah cukup beragam. Ada aki kering, basah, hybrid, kalsium, gel, dan MF AGM. Aki basah misalnya, jenis aki ini dikategorikan sebagai basah karena di dalamnya terdapat cairan elektrolit atau air berupa asam sulfat. Sedangkan aki kering adalah aki dengan cairan elektrolit yang memiliki kandungan timah kalsium yang relatif lebih hemat dan tidak gampang menguap

Jenis Aki yang ketiga adalah Aki kalsium, yang mana kutub jenis aki mobil ini terbuat dari kalsium sehingga penamaannya pun jadi aki kalsium. Aki hybrid merupakan perpaduan antara aki kering, basah, dan kalsium.

Kelima ada Aki MF AGM yang merupakan singkatan dari maintenance free absorbent glass mate. Keunggulan jenis aki MF AGM adalah adanya teknologi yang membuat air aki terperangkap di dalam separator khusus. Dan yang terakhir ada Aki gel yang merupakan aki tercanggih yang ia tidak menggunakan cairan elektrolit, maka aki gel ini tidak bersifat korosif serta merusak komponen mesin mobi

Dari sejumlah jenis aki di atas, salah satu yang terpopuler dan digemari oleh sebagian masyarakat adalah jenis aki kering. Aki kering atau MF ini kerap kali digunakan karena dapat menunjang performa mobil. Harganya juga sangat variatif.

Mengenal Aki Kering

Ada beberapa hal yang membuat aki kering ini diidolakan oleh sebagian orang, khususnya masyarakat di Tanah air. Salah satu jawabannya adalah dalam hal perawatannya yang praktis. Pada aki kering sebenarnya tidak membutuhkan perawatan yang sangat intensif seperti pada aki basah.

Salah satu contoh Aki Kering. Sumber : automotivexist.blogspot.com
Salah satu contoh Aki Kering. Sumber : automotivexist.blogspot.com

Sebab pada aki kering terdapat segel yang kuat, berguna untuk mempertahankan aki terjaga dengan baik. Sedangkan pada aki basah tidak ada, sehingga cairan elektrolit di aki basah akan mudah sekali untuk tumpah. Tumpahan cairan aki tersebut bukanlah sembarang cairan, melainkan asam sulfat yang mampu membuat bagian lain dari mobil menjadi berkarat.

Selain itu, apabila terkena tangan atau anggota tubuh bisa menyebabkan melepuh karena zat nya bersifat korosif. Oleh karena itulah aki kering lebih unggul dan digandrungi masyarakat. Sebenarnya istilah aki kering kurang tepat.

Lebih tepatnya disebut sebagai Maintenance Free atau MF. Aki kering ini bukan berarti tanpa cairan, tetap ada cairannya namun cairan tersebut tidak terlihat. Hal itu disebabkan karena adanya separator yang bersifat menyerap cairan dengan cepat, layaknya popok bayi.

Harga Aki Kering Untuk Mobil Innova

Harga aki kering mobil Innova berkisar antara 900 ribuan untuk tipe 55d23l yang berkapasitas 60 Ampere Hour. Aki kering tersebut mudah ditemukan di toko – toko otomotif. Biasanya aki kering menggunakan jel dan jel itu menggunakan lead acid, yang terdiri dari elektrolit serta silika. Kedua komposisi tersebut saling bekerja sama untuk memberikan dan menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.

Contoh aki tipe 55D23L GS Astra. Sumber : aki.gs-astra.com
Contoh aki tipe 55D23L GS Astra. Sumber : aki.gs-astra.com

Masih ada juga varian lainnya sesuai dengana kebutuhan spesifikasi type aki mobil anda, sebagaimana gambar di bawah

Tentu saja Anda juga masih bisa mengakses aki dari sejumlah merek aki lain. Hanya saja seperti yang telah diulas sebelumnya adalah, pastikan Anda memilih aki yang tidak hanya sekedar berkualitas ataupun terjangkau, tapi juga aki yang memang memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

Selain berbicara tentang harga aki kering mobil Innova, ada hal yang juga perlu untuk dibahas, yaitu mengenai cara menjaga kondisi aki agar aki bisa lebih tahan lama atau tetap awet setidaknya sampai masa maksimal produktifnya. Dengan kata lain agar aki tidak mengalami kerusakan sebelum waktunya. Beberapa di antaranya adalah;

  1. Rajin melakukan pemanasan pada mesin mobil. Setidaknya hal ini bisa Anda lakukan dua ampai tiga kali sehari jika memang jarang dipakai
  2. Memilihkan baterai yang sesuai untuk mobil. Sebab ketidak sesuaian baterai yang Anda pilih, meskipun berkualitas juga tidak akan memberikan dampak baik bagi mobil Anda
  3. Tidak membiasakan menyalakan audio saat mesin mati. Ini dikarenakan saat mesin mati maka satu-satunya sumber daya yang diandalkan adalah daya dari aki, sehingga dengan begitu aki sangat mungkin soak.
  4. Tidak sering berkendara di jalan yang bergelombang. Hal ini tentu saja terkait dengan kondusifitas posisi aki yang terganggu di dalam mesin mobil
  5. Dan masih banyak lagi tentunya langkah-langkah preventif yang bisa Anda lakukan.

Itulah beberapa cara merawat aki kering agar usia aki tetap awet dan tetap nyaman digunakan dalam perjalanan bersama dengan keluarga atau dengan kerabat. Cara yang cukup mudah dilakukan, namun sering kali diabaikan. Sehingga dapat menurunkan performa mobil.

Semoga ulasan kita di atas tadi sedikit banyak dapat memberikan manfaat kepada pembaca semuanya. Apabila ingin mengetahui lebih rinci atau menginginkan pembahasan lain seputar otomotif, silahkan baca postingan kami di artikel sebelumnya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Open chat