Belum Tau Berapa Ampere Aki Mobil Anda? Simak Ulasan Berikut

Ampere Aki Mobil – Pesatnya perkembangan sains dan teknologi sampai dengan saat ini sudah tidak perlu lagi diragukan. Terlepas dari rangkaian dampak buruk yang dihasilkan dari perkembangan tersebut, tetap harus diakui dengan adanya perkembangan yang sedemikian rupa telah banyak hal rumit menjadi lebih sederhana, ha berat jadi lebih muda, hal yangg tampak mustahil jadi sangat mungkin.

Satu hal yang tentu saja menjadi bagian erat dari perkembangan wajah saintek hari ini adalah perkembangan sejumlah alat transportasi. Di mana peruntukan awalnya adalah sebagai sarana berpindah atau sarana angkut dari satu tempat ke tempat lainnya. Menjadikan banyak hal mungkin untuk dilakukan seefektif dan seefisien mungkin.

Lagi-lagi, perkembangan dari berbagai alat transportasi itu sendiri juga sangat bergantung pada salah satu komponen kunci yang agaknya tidak akan tergantikan, setidaknya sampai dengan saat ini atau beberapa saat kedepan. Ya apalagi kalau bukan mesin motor.

Ilustrasi perkembangan mesin sampai dengan sat ini. Sumber : Unsplash
Ilustrasi perkembangan mesin sampai dengan sat ini. Sumber : Unsplash

Mesin motor sendiri adalah mesin yang dapat mengubah energi menjadi gerak. Atau alat yang dapat mengubah panas menjadi gerak. Mesin motor sendiri mempunyai banyak sekali tipe, salah satu tipenya adalah mesin panas seperti mesin pembakaran dalam yang bekerja dengan membakar bahan bakar dan udara, dan menggunakan gas panas yang dihasilkan untuk menghasilkan tenaga.

Tipe umum dari sebuah motor adalah motor elektrik. Motor ini bekerja dengan adanya sumber dari listrik dan menghasilkan gerak melalui medan elektromagnetik.

Salah satu buah dari perkembangan mesin motor serta kaitannya dengan pembahasan kita kail ini adalah sebuah kendaraan bermotor dengan berodakan empat roda. Betul, hari ini kita menyebutnya mobil. Karna itu pemahaman terkait dengan seeprti apa kaitan listas komponen dalam sebuah mesin bermotor pada mobil menjadi satu hal yang perlu

Ampere dan Aki Mobil

Ketika akan membeli aki mobil, seharusnya Anda akan sangat familiar dengan istilah ampere. Sebagiannya faham, sebagiannya masih bertanya-tanya mengenai apa itu ampere dan berapa ampere aki mobil yang sebetulnya Anda butuhkan untuk mobil Anda. Hal ini penting, sebab ketidak sesuaian ampere aki yang Anda pilih dengan mobil anda bisa sangat fatal akibatnya.

Untuk menjawab hal tersebut, kita akan membahas sedikit mengenai ampere pada aki mobil, juga aki itu sendiri meskipun sepintas.

Baca Juga : Update Harga Aki Motor Terbaru 2020

Prinsipnya, aki atau baterai pada mobil adalah tipe baterai yang dapat diisi kembali dan berfungsi untuk menyimpan energi listrik dari alternator. Seluruh kebutuhan energi listrik pada kendaraan bermotor disuplai oleh altenator, meskipun sebagian dari baterai tetapi sumber energi listriknya tetap dari alternator. Energi listrik yang tersimpan pada baterai tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan kendaraan bermotor saat alternator tidak bekerja.

Ilustrasi alat kontrol satuan kelistrikan era 1950-an. Sumber : Unsplash
Ilustrasi alat kontrol satuan kelistrikan era 1950-an. Sumber : Unsplash

sedangkan ampere, dalam fisika dilambangkan dengan A, yaitu satuan SI untuk arus listrik yang sering dipendekkan menjadi amp. Satu ampere adalah suatu arus listrik yang mengalir dari kutub negatif ke kutub positif, sedemikian sehingga di antara dua penghantar lurus dengan panjang tak terhingga, dengan penampang yang dapat diabaikan, dan ditempatkan terpisah dengan jarak satu meter dalam vakum, menghasilkan gaya sebesar 2 × 10-7 newton per meter.

Satuan ini diambil dari nama André-Marie Ampère, salah satu penemu elektromagnetisme. Ampere di sini merupakan kapasitas jumlah tenaga listrik yang disimpan dalam baterai yang dapat digunakan sebagai sumber tenaga listrik. Ukuran ampere di sini pun pasti diukur oleh pabrikan. Nah jadi, mengetahui mana aki yang tepat dengan kebutuhan mobil Anda bisa dengan pertimbangan ampere aki itu sendiri.

Berapa Ampere Aki Mobil?

Pada umumnya, tidak banyak orang yang memahami memahami tentang kode yang terpasang pada aki. Akhirnya hal ini menyebabkan orang bingung memilih jenis aki yang sesuai dengan tipe mobilnya. Jangan khawatir, karena di sini kita akan mengetahui berapa ampere aki mobil yang sesuai dengan mobil Anda. Dengan mengetahui aki yang sesuai dengan mobil kita tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi kita.

Pada umumnya, ada dua standarisasi penamaan aki, yaitu standar Jepang atau JIS (Japanese Industrial Standards) yang digunakan untuk mobil-mobil buatan Jepang dan standar Jerman atau DIN (Deutsches Institut fur Normung) yang banyak digunakan untuk mobil-mobil buatan Eropa. Kira-kira berapa ampere aki mobil dari kedua tipe ini? Kedua standar tersebut tentu memiliki karakter dan teknis yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Japan Industrial Standard (JIS)

Untuk aki mobil yang menggunakan kode JIS ini lebih banyak kita temukan pada mobil buatan Jepang seperti Toyota, Mitsubishi, Honda, Suzuki dan merk-merk Jepang lainnya. Kodenya sendiri terdiri dari gabungan angka dengan huruf yang memiliki arti tertentu, seperti kode JIS aki 34B19R.

Tampak kode JIS pada sebuah aki mobil. Sumber : Google
Tampak kode JIS pada sebuah aki mobil. Sumber : Google

Kode JIS aki 34B19R dapat diartikan, sebagai berikut,

  • 34= merupakan kode kapasitas aki, kode 34 adalah aki yang memiliki kapasitas 33 Ampere-hour.
  • B= merupakan kode tinggi dan lebar aki, kode B memiliki lebar 127 mm atau 129 mm.
  • 19= merupakan panjang bodi aki dalam satuan centimeter, 19 berarti panjang aki 19 cm.
  • R= merupakan posisi kutub negatif aki di sisi Right (kanan).

Dari kode diatas kita tahu bahw aaki mobil ini memiliki ampere sebesar 33 Ah (33 ampere hour).

Deutsches Institut fur Normung-Jerman (DIN)

DIN banyak digunakan oleh mobil-mobil produksi Eropa. Contoh kodenya adalah 577 400 078. Tiga digit pertama pada kode tersebut adalah 577:

  • Digit ke 1 merupakan kode tegangan aki (nomer 5-7= 12V, sedangkan nomer kode 1-2 = 6V).
  • Digit ke 2 dan 3 merupakan nilai kapasitas ampere aki.

Jadi, besaran nilai ampere aki dengan kode 557 400 078 adalah 77 Ampere hour (77Ah).

Itulah ulasan sedikit dari kami mengenai berapa jumlah ampere aki mobil yang bisa Anda baca. Dari penjelasan diatas besarnya ampere untuk aki bergantung pada jenis mobil yang Anda miliki, sehingga jumlah ampere dalam aki sesuai dengan mobil Anda. Semoga bermanfaat serta simak artikel menarik lainnya. Terima kasih.

Leave a Comment

Open chat