Cara Merawat Aki Kering Mobil Yang Aman, Mudah dan Murah

Merawat Aki Kering Mobil – Aki pada mesin bermotor sebagaimana kita tahu merupakan salah satu komponen penting dalam satu keatuan mesin. Di mana fungsi aki mobil secara umum adalah sebagai tempat untuk penyimpanan energi. Baterai atau aki pada mobil ini mempunyai fungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia di dalam kendaraan anda, untuk kemudian didistribusikan ke bagian-bagian yang memang membutuhkan suplay energi listrik.

Oleh karena pentingnya peran aki dalam permesisnan itulah kemudian merawat atau menjaga kondisi aki agar tetap dalam kondisi prima menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Baik jenis aki basah maupun aki kering.

Merawat aki kering mobil ternyata diperlukan juga langkah – langkah khusus agar aki tetap awet dan tahan lama. Mengingat bahwa aki itu sangat penting, tanpanya tentu mobil tidak dapat berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat aki kering mobil. Silahkan simak baik – baik ulasan berikut ini.

Tips Cara Merawat Aki Kering Mobil

Perawatan mobil, terkhusus pada bagian aki mobil dan dalam ulasan ini adalah terkait aki kering, tidak hanya dilakukan ketika sudah terjadi kerusakan pada aki kering mobil. Akan tetapi perawatan juga bisa dilakukan dengan langkah preventif atau pencegahan.

Langkah preventif dalam merawat aki kering meski sederhana, tetap penting untuk dilakukan. Sumber : autos.id
Langkah preventif dalam merawat aki kering meski sederhana, tetap penting untuk dilakukan. Sumber : autos.id

Oleh karena itu, mengetahui langkah-langkah dalam merawat aki kering yang baik dan sederhana menjadi sangat penting untuk diketahui. Adanya kerusakan biasanya ditandai dengan pertanda palingg awal, yaitu kesulitan untuk menyalakan mesin. Oleh karena itu yuk simak penjelasan dari sejumlah tips merawat aki kering mobil dengan mudah di bawah ini.

1. Rajin Memanaskan Mesin

Cara merawat aki kering mobil yang pertama adalah dengan rajin memanaskan mesinya. Tujuan dari pemanasan mesin tersebut agar dapat menjaga tegangan pada baterainya. Selain itu juga dapat digunakan untuk pengecekan keadaan listrik di mesin. Apabila mobil hanya digunakan beberapa kali saja dalam seminggu, hal itu juga menuntut sang pemilik untuk tetap memanaskan mesin mobil. Karena dengan begitu tingkat kestabilan tegangan aki dapat lebih terjaga.

Hal penting yang perlu diketahui adalah saat kedua terminal baterai terhubung maka ada aliran listrik yang mengalir. Walaupun aliran itu kecil, tetapi secara berangsur – angsur dapat mengurangi aki mobil. Solusinya yaitu dengan cara melepas terminal baterai dan sisihkan waktu 10 menit untuk memanaskan mobil Anda setiap harinya. Agar mesin dan baterai tetap awet. Tentu ini lebih sederhana ketimbang harus mengatasi aki mobil rekor.

2. Hindarkan Permukaan Baterai dari Debu dan Kera

Selanjutnya adalah menghindarkan permukaan baterai dari debu serta kerak. Caranya dapat dilakukan dengan rajin membersihkannya. Apabila dibiarkan tentu kotoran dapat menyumbat katup yang tersembunyi pada aki mobil. Sumbatan itu akan mengganggu penguapan aki. Sehingga akan muncul gelembung – gelembung di dindingnya. Akan tetapi hal itu bisa dicegah dengan rajin membersihkannya.

3. Usahakan Pengikat Baterai Kencang

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat aki mobil adalah pengikat atau braket aki. Pengikat ini harus selalu kencang, sebab dapat memelihara aki untuk tetap stabil dan tidak berpindah tempat saat mobil sedang melakukan perjalanan. Meskipun perjalanan itu dilakukan pada tempat yang bergelombang.

Salah satu bagian yang perlu dipastiakn juga dalam merawat kondisi aki kering adalah memastikan pengikat baterai atau aki tetap dalam kondisi kencang. umber : Google
Pastikan pengikat baterai tetap kencang. Sumber : Google

Sebaliknya, apabila keadaan pengikat tidak kencang maka aki dapat berpindah – pindah, hal ini berbahaya sekali. Keadaan ini dapat membuat terminal aus hingga meningkatkan risiko baterai untuk lepas.

4. Jagalah Kebersihan Terminal pada Aki

Cara merawat aki kering mobil yang selanjutnya adalah selalu menjaga kebersihan pada terminal aki. Pada umumnya, kedua terminal pada baterai akan terdapat kerak. Kerak ini ada sebagai akibat dari proses penguapan cairan asam sulfat serta panas dari terminal positif dan juga negatif. Ini yang juga sedikit banyak menyebabkan aki mobil panas dan bau.

Apabila dibiarkan maka dapat menyebabkan resistansi pada terminal, sehingga tegangan pada aki untuk mencapai sistem tidak optimal. Lalu bagaimanakah membersihkannya? Cara membersihkannya bisa dengan mengelapnya dengan air panas. Untuk kehati – hatian dapat memberikan grease sebagi pelumas pada area terminal.

5. Hindari Terlalu Membebani Aki

Aki memiliki daya listrik maksimal yang seharusnya cukup untuk memberikan tenaga kepada berbagai komponen mobil. Namun ketika Anda menambahkan aksesoris seperti lampu baru, sound system, dan lainnya, hasil modifikasi ini bisa membebani kinerja aki. Umur aki bisa menjadi lebih singkat dan itu pastinya bisa sangat merugikan.

Jika Anda memang mau menambahkan aksesoris yang membutuhkan daya listrik besar, ganti aki dengan edisi terbaru serta memiliki kapasitas yang lebih tinggi lagi.

6. Alternator & Regulator Harus Aman

Alternator berfungsi untuk mengubah sebagian putaran mesin menjadi energi listrik. Sementara regulator berguna untuk mengatur stabilitas arus pengisian. Jika kedua komponen ini mengalami masalah, maka akan terjadi pengisian yang tidak normal. Aki akan bekerja ekstra hingga lebih cepat soak.

7. Matikan Head Unit dan AC Saat Mesin Mati

Pastikan berbagai bagian-bagian mobil yang butuh daya listrik turut mati ketika mesin mobil mati. Sumber : myedisi.com
Pastikan berbagai bagian-bagian mobil yang butuh daya listrik turut mati ketika mesin mobil mati. Sumber : myedisi.com

Mobil dalam kondisi mesin hidup, berbagai perangkat elektronik mengambil daya listrik dari alternator. Maka pada saat mesin dimatikan, satu-satunya daya yang bisa diandalan hanyalah daya listrik dari aki mobil. Sehingga begitu head unit atau AC dinyalakan atau tetap dalam kondisi menyala, daya pada aki akan langsung dikuras tanpa bisa terisi kembali karena mesin mati dan karena alternator tidak bisa mendistribusikan tenaga listrik ke aki dalam kondisi mesin mati. Akibatnya, aki akan kehabisan daya listrik.

Jika dibiarkan aki begitu terus menerus maka aki akan soak dan harus diganti.

Cara merawat aki kering mobil seperti di atas cukup sederhana. Akan tetapi jangan dianggap remeh, sebab ketika hal mudah kita anggap remeh maka yang terjadi adalah sikap menunda. Ketika persoalan tertunda-tunda maka yang terjadi adalah masalah. Jadi, jangan biarkan aki mobil menjadi cepat rusak hanya karna sikap menunda-nunda hal yang mudah. Sempatkan meskipun hanya sebentar.

Nah demikian ulasan kita kali ini seputar merawat aki kering mobil yang aman, mudah dan murah. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat. Anda juga bisa mengunjungi ulasan-ulasan menarik lainnya. Akhir kata sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Open chat