Harga Aki Honda Mobilio Terbaru

Harga Aki Honda Mobilio – Aki pada mobil adalah salah satu komponen terpenting yang ada di dalam mobi. Yang menjadikannya penting tentu saja ada pada fungsi utama dari aki itu sendiri sebagai penyuplai daya listrik bagi berbagai komponen-komponen mobil lainnya.

Fungsi suplay daya inilah yang jika tidak beroprasi dengan baik maka akan banyak komponen pada mobil yang akan terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung. Inilah yang menjadikan aki penting untuk kemudian mendapatkan perhatian yang cukup mulai dari pemilihan aki sampai dengan perawatan aki.

Aki dalam penggunaan dan perawatannya kadang rentan terhadap berbagai macam gannguan bahkan kerusakan. Rusaknya aki tentu bukan tanpa sebab. Akan tetapi dipicu oleh beberapa sebab yang kerap kali kita sepelekan. Di antaranya adalah :

Penyebab pertama adalah intensitas penggunaan mobil yang terbilang jarang atau kurang. Dengan arti lain mesin mobil jarang beroperasi sebagaimana semestinya. Siapa sangka hal ini justru berpengaruh buruk pada kondisi mesin.

Ilustrasi kondisi mobil yang terlalu sering terparkir karna jarang terpakai. Sumber : Google
Ilustrasi kondisi mobil yang terlalu sering terparkir karna jarang terpakai. Sumber : Google

Penyebab ketiga adalah kebalikan dari penyebab pertama, yaitu intensitas penggunaan yang terlalu tinggi. Penggunaan aki mobil yang intens secara otomatis akan membuat air aki menjadi cepat habis, terutama pada aki basah. Apalagi jika Anda termasuk yang jarang melakukan pemeriksaan dan perawatan. Baik merawat aki kering maupun merawat aki basah.

Penyebab ketiga adalah adanya ketidak seimbangan antara kapasitas daya dengan bessaran kebutuhan daya. Artinya Ampere mobil lebih kecil ketimbang kebutuhan listrik dan kapasitas kelistrikan komponen mobil yang sangat tinggi. Hal ini sudah seharusnya diimbangi dengan aki mobil dengan ampere yang cuku pbesar.

Penyebab ke empat adalah adanya penambahan aksesoris mobil yang berlebihan. Tentu saja aksesoris mobil di sini adalah aksesoris-aksesoris kelistrikan seperti audio atau alat elektronik nonstandar lainnya yang sedikit banyak bisa mengurangi usia pakai aki mobil.

Penyebab kelima sekaligus yang terakhir adalah sifat lalai kita sendiri. Sifat lalai kita umumnya terjadi oleh sebab ketidak diiplinan dan ketidak perhatian pada hal-hal di sekitar kita. Misal ketika kita meninggalkan mobil dalam kondisi salah satu komponen listrik masih menyala dan tidak dimatikan dalam jangka waktu yang lama.

Aki yang sudah seringkali mengalami berbagai macam hal di atas menjadi sangat rentan rusak atau bahkan soak. Sehingga ketika aki sudah rusak, maka aki butuh kepada perawatan khusus sampai dengan pergantian aki lama dengan aki yang baru.

Untuk alternatif aki baru sendiri hari ini sangat banyak dan beragam. Mulai dari ragam jenis, ragam AH sampai dengan ragam merk. Tentu pilihan aki kembali pada seperti apa kebutuhan aki mobil Anda. Nah Jika kebetulan mobil Anda adalah Honda Habilio maka pembahasan harga aki honda mobilio berikut menjadi relevan untuk Anda.

Ilustrasi mobil Honda Mobilio. Sumber : autofun.co.id
Ilustrasi mobil Honda Mobilio. Sumber : autofun.co.id

Harga Aki Honda Mobilio terbilang cukup murah dengan kualitas tangguh yang cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia. Aki merupakan komponen penting di dalam kendaraan bermotor. Begitu juga pada mobil, aki banyak memberikan fungsi untuk bisa menggerakkan mesin mobil.

Selain itu, aki tersebut juga menyalurkan aliran arus listrik untuk piranti kelistrikan di mobil. Seharusnya input dengan output seimbang sehingga tidak mengalami kemacetan pada mesin mobil.

Spesifikasi dan Harga Aki Honda Mobilio

Berikut spesifikasi dan informasi terkait harga aki honda mobilio. Inilah ulasannya:

Spesifikasi Aki Honda Mobilio

Sebelum membahas lebih dalam spesifikasi dan harga aki honda mobilio sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jangka maksimal penggunaan aki biasanya. Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan oleh sebagian orang yang pernah merasakan tiba-tiba ki mobilnya soak. Padahal aki masih berumur satu tahun. Sebenarnya, aki sendiri bisa bertahan sekitar 2-3 tahun dari bawaan pabrik tanpa penambahan aksesoris lainnya.

Untuk mengetahui ciri-ciri aki GS semi maintenance free yaitu tulisan berwarna putih hitam dengan tulisan berwarna kuning. Sebelum memutuskan jenis aki yang mana lebih baik jika mengetahui jenis baterai pada mobil, yaitu:

  1. Baterai Basah
  2. Baterai Semi Maintenance Free atau biasa dikenal sebagai MF
  3. Baterai Maintenance Free (MF) atau bebas dari perawatan

Jadi yang dimaksud dengan aki semi maintenance free yaitu jenis baterai dengan rancangan modern di mana sistem sirkulasi penguapan berada di dalam baterai tersebut. namun, jenis baterai ini masih memerlukan tambahan air accu dan interpalnya cukup lama.

Jika tiba-tiba aki mobil honda mobilio rusak atau tidak berfungsi seperti biasanya bisa jadi karena anggapan bahwa aki yang dipakai adalah jenis maintenance free dengan tidak menambahkan air accu. Hal inilah yang bisa merusak aki secara perlahan.

Maka dari itu mengenali jenis aki yang digunakan pada mobil itu penting sehingga perawatan bisa dilakukan dengan maksimal. kerusakan aki sejak dini juga bisa segera dibawa ke bengkel atau melakukan pengecekan sendiri jadi tak perlu mengeluarkan dana lagi untuk membeli aki yang baru.

Aki yang sudah terlanjur soak maka bisa mengakibatkan mobil susah distarter, lampu redup atau bahkan mati. Apalagi jika mobil terlanjur mati di tengah jalan, untuk menghidupkan mobil kembali harus didorong atau jumper aki

Salah satu contoh produk aki NS40ZL tipe maintenence free. Sumber : Google
Salah satu contoh produk aki NS40ZL tipe maintenence free. Sumber : Google

Jadi itulah sedikit review terkait dengan jenis sekaligus harga aki honda mobilio. Harga aki terjangkau dengan kualitas bagus sehingga aki bisa tahan lama hingga batas maksimal penggunaannya memang idaman banyak orang. Jika Anda berniat menambah piranti kelistrikan mobil maka Anda bisa menaikan dari standar ke upgrade dan konsultasikan ke pihak yang terpercaya.

Terakhir, Setelah memilih aki mobil yang cocok, upayakan juga untuk melalukan perawatan dan pengawasan aki secara rutin. Mudah-mudahan ulasan ini bermanfaat. share dan nantikan ulasan menarik lainnya. Sekia dan terima kasih.

Leave a Comment

Open chat