Punya Mobil? Inilah Tips Memilih Air Aki yang Tepat

Bagi Anda yang memiliki kendaraan baik motor maupun mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan kata aki. Accu atau dalam pengucapannya sering dibaca aki ialah salah satu bagian penting dalam mobil yang perlu dirawat dengan seksama. Begitu juga dengan memilih air aki. Supaya tidak bingung, simak tips memilih air aki yang sesuai berikut ini.

Tidak sedikit saat sekarang ini masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi. Hal ini sangat berbanding lurus dengan tingkat kelahiran yang ada di Indonesia. Semakin banyak penduduk Indonesia, semakin banyak pula masyarakat yang memerlukan kendaraan pribadi. Mobil menjadi pilihan kendaraan yang tepat untuk keluarga yang memiliki jumlah anggota banyak.

Memiliki mobil saja tidak cukup untuk membuat kita merasa nyaman mengendarainya. Perawatan rutin dan pengecekan secara berkala menjadi hal wajib yang perlu dilakukan mengingat banyak sekali komponen yang ada pada sebuah mobil. Maka tidak heran jika perusahaan sewa mobil pada umumnya selalu seperti baru karena perawatan yang rutin dan selalu dijaga kebersihan mobilnya.

Aki ialah salah satu bagian mobil yang penting. Sumber: cnnindonesia.com
Aki ialah salah satu bagian mobil yang penting. Sumber: cnnindonesia.com

Salah satu yang harus menjadi perhatian utama dalam menjaga kesehatan mobil ialah aki alias accu-nya. Karena dalam hal ini accu ibarat genset, sebagai tempat penyimpanan energi yang suatu saat akan digunakan. Apabila penyimpanan energi ini bermasalah, jangan harap Anda akan pulang dengan selamat bahagia makmur sentosa.

Mengenal Aki Mobil

Aki mobil merupakan bagian pada mobil yang memiliki peranan penting dalam sebuah mobil. Dengan adanya aki mobil setiap komponen-komponen mobil dapat tersuplay daya listriknya saat dibutuhkan. Karena itu tidak berfungsinya aki mobil dapat menyebabkan penumpang mobil merasa tidak nyaman. Ada banya jenis serta macam aki mobil yang ada.

Aki mobil diisi oleh air aki. Air aki mobil ini juga punya peran signifikan dalam keberlangsungan hidupnya suatu aki. Di pasaran Anda dapat menjumpai air aki dalam berbagai kemasan. Dalam hal ini ialah perbedan warna kemasan. Setidaknya ada dua jenis kemasan aki mobil, yaitu kemasan warna merah dan biru. Dari kemasannya, ini menggunakan jasa cetak kemasan profesional.

Jenis Air Aki Mobil

Sebagaimana telah disinggung di atas, ada dua jenis aki sesuai dengan perbedaan kemasannya. Aki kemasan biru dan juga aki kemasan merah. Anda tidak boleh menganggap perbedaan warna kemasan ini sebagai hal sepele. Karena dari perbedaan kemasan ini berbeda pula fungsi serta penggunaannya pada suatu aki.

1. Air Aki Kemasan Merah

Walaupun punya fungsi berbeda, kedua air aki ini sama-sama dibutuhkan oleh aki mobil. Adapun air aki mobil kemasan merah biasa kita kenal dengan aki mobil zuur. Dengan membawa sifat korosif, menjadikan cairan air aki ini sangat berbahaya bagi tubuh. Karena bila Anda tidak berhati-hati, iritasi kulit bisa menjangkiti diri Anda. Air jenis ini juga bisa melubangi kain.

Dua macam aki. Sumber: bogor.tribunnews.com
Dua macam aki. Sumber: bogor.tribunnews.com

Karena sifatnya yang korosif, untuk menggunakan air aki mobil jenis ini perlu kewaspadaan dan kepekaan yang tinggi. Bahkan bila diperlukan Anda bisa memanggil seseorang ahli untuk menjinakkannya. Dapat menimbulkan iritasi, punya sifat korosif dan menyebabkan karat pada logam merupakan segelintir musibah bila digunakan dengan tidak hati-hati.

Namun selain memiliki kekurangan, air aki mobil zuur ternyata punya tugas penting untuk optimalkan kinerja mobil. Air aki zuur ialah air yang harus diisikan pertama kali untuk pengoperasian kendaraan. Karena bila diamati secara cermat dan mendalam Anda akan temukan bahwa air ini punya elektrolik cukup kuat.

2. Air Aki Kemasan Biru

Apabila air aki berwarna merah dipakai untuk aki pertama kali karena punya elektrolik yang kuat, biru juga punya karakter dan ciri khasnya. Air aki biru lebih aman dan punya sifat tidak pekat dan netral. Air aki biru tidak bersifat korosif seperti air aki merah. Karena memang sifat air ini murni dan tak ada sama sekali kandungan logamnya.

Biasanya air aki biru ini dipakai untuk isi ulang air dalam aki mobil yang sudah lama dipakai sehingga berkurang. Adapun air aki mobil warna biru, yaitu air yang telah dimurnikan. Maksudnya dimurnikan yaitu ada demineralisasi. Dengan menghilangnya kadar mineral dalam air membuat aki biru punya sifat murni yang tidak mengerikan seperti punya air merah.

Tips Memilih Air Aki

Setelah panjang lebar menjelaskan mengenai apa itu aki, air aki, berapa jenis air aki ada beberapa hal yang menjadi catatan dari kami. Sebagaimana anak panah yang melesat, pilihlah air aki mana yang Anda cari serta butuhkan. Karena dari kedua jenis ini aki punya manfaat serta tujuan unik. 

Air aki perlu dipilih sesuai kebutuhannya. Sumber: garasi.id
Air aki perlu dipilih sesuai kebutuhannya. Sumber: garasi.id

Cobalah untuk melihat terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan, apakah aki yang ada itu baru atau sudah lama sehingga tinggal tambah isi air? Apabila yang diperlukan ialah aki baru berarti air aki dengan kemasan warna merah yang perlu Anda beli. Namun bila yang diperlukan ialah aki dengan sisa air yang tidak banyak maka perlu diisi tambah dengan air aki biru yang tersedia.

Mengapa perlu begitu? Karena setelah ditelisik secara mendalam, ada perbedaan signifikan dari kedua jenis air aki warna ini. Perbedaan ini bisa mengakibatkan kandungan senyawa yang khas dan unik disetiap jenis air. Untuk air aki mobil zuur mengandung asam sulfat (h2so4). Tidak heran bila aki ini mempunyai sifat korosif.

Akhir kata, itulah sedikit pengenalan air aki serta tips memilih air aki yang tepat dan sesuai. Setidaknya setelah ini Anda bisa mulai melakukan perawatan rutin pada mobil kesayangan Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang aki kering dan aki truk. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Leave a Comment

Open chat