Perbedaan Aki Mobil Dan Aki Truk Yang Harus Kamu Tahu

Aki merupakan komponen yang penting pada kendaraan. Tanpa adanya aki kendaraan tidak akan berfungsi dengan baik bahkan tak mampu berjalan. Maka komponen yang satu ini tidak boleh disepelekan dan perlu diperhatikan dengan baik.

Bahkan perkembangan teknologi terbaru disinyalir akan menjadikan aki sebagai daya tampung tenaga utama. Karena sumber daya alam berupa minyak bumi yang menghasilkan bensin sudah mulai menipis, para ahli menyiapkan listrik sebagai sumber daya baru bagi kendaraan.

Dengan adanya perubahan tersebut maka dimungkinkan penggunaan aki akan semakin dimaksimalkan. Tenaga listrik yang tersimpan di dalam aki akan semakin dibutuhkan jika memang peralihan ini sudah sampai pada masanya.

Secara umum pemakaian aki bertahan pada kisaran kurun waktu tiga sampai empat tahun. Namun hal tersebut tentunya juga tergantung pada perawatan dan penggunaan kendaran. Berdasarkan hal tersebut maka ada baiknya para pemiliki jasa sewa seperti sewa truck box memperhatikannya. Terlebih yang menggunakan adalah orang lain yang tidak bisa diawasi secara langsung.

Kinerja aki akan menurun secara bertahap, sumber : pixabay.com

Namun sebagai aki tetap akan mengalami masa aus. Dimana ketika digunakan kinerja aki akan turun bertahap sesuai masa penggunaannya. Semakin kurang perhatian dan perawatan maka aki akan semakin cepat memasuki masa aus.

Perbedaan Aki Mobil Dan Truk

Setiap kendaraan memiliki performa berbeda sesuai dengan tujuan kendaraan tersebut dibuat. Tentu pembuatan mobil memiliki tujuan lain dengan pembuatan truk. Terlebih truk tersebut adalah truk besar yang peruntukannya sebagai alat distribusi banyak barang atau barang berat.

Itulah sebabnya ketika ingin membeli aki truk harus paham betul dengan perbedaannya. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam pemilihan tersebut. Pemilihan aki harus jeli sebagaimana pemilihan velg mobil berkualitas. Ketidaksesuaian aki yang dipasang tentunya akan berpengaruh pada performa bahkan aki cepat rusak.

Aki yang digunakan oleh mobil memiliki voltase yang lebih kecil dibandingkan dengan truk. Rata-rata aku yang digunakan oleh mobil adalah 12 volt. Hal tersebut sudah disesuaikan dengan standar produsen sehingga tidak berpengaruh pada kerusakan komponen lainnya.

Sedangkan aki yang digunakan oleh truk besar rata-rata menggunakan yang berdaya 24 volt. Namun semakin besar sebuah truk tentu daya yang dibutuhkan akan semakin besar. Dengan kesesuaian antara aki dengan komponen sebuah kendaraan sangat berpengaruh kepada performanya.

Biasanya penggunaan aki mobil 12 v dan truk 24 v, sumber : jip.gritodo.com

Dengan perbedaan tersebut aki pada mobil dan truk memiliki cirikhas masing-masing. Aki pada mobil cirikhasnya adalah memiliki daya start yang tinggi. Namun kurang dalam hal daya tahan dan penyimpanan tenaga.

Sedangkan aki pada truk besar memiliki cirikhas performa yang tinggi dan tahan lama. Sebab beban dan jalan yang akan dilalui oleh truk berbeda dengan mobil. Biasanya truk melewati medan yang terjal serta mengangkut barang-barang yang berat.

Aki truk juga lebih tahan terhadap goncangan dan getaran. Medan sesulit apapun biasanya akan bisa dilalui oleh truk dengan aki yang baik. Terlebih aki tersebut dalam keadaan baru atau rajin mengalami perawatan.

Itulah perbedaan antara aki pada mobil dan truk. Sedangkan jenis mobil elf walaupun memiliki ukuran yang berbeda dengan rata-rata mobil lainnya penggunaan aki tetap memakai yang berdaya 12 volt. Salah satu alasannya adalah medan yang ditempuh oleh mobil tersebut adalah jalur biasa yang tidak dilewati truk pengangkut barang.

Perawatan Aki Truk

Perbedaan penggunaan jenis aki tentunya juga berpengaruh kepada pengoperasionalan dan perawat aki itu sendiri. Berikut beberapa cara perawatan aki yang digunakan pada truk :

1. Sering Dicek

Ada baiknya selalu mengecek aki pada kendaraan anda. Baik saat akan bepergian ataupun ketika truk tidak digunakan. Langkah ini adalah untuk mengontrol keadaan aki agar tetap terjaga performanya. Pengecekan sebagai langkah perawatan pada truk sebenarnya sama dengan saat merawat aki mobil.

Aki yang digunakan atau berada pada truk harus selalu dalam keadaan tertutup. Selain itu komponen lain seperti baut dan bagian lainnya jangan sampai ada yang kendor. Dan jika kendor jangan dibiarkan begitu saja, segera ambil tindakan untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Baca Juga : Ini Penyebab Aki Anda Tekor

Sebaiknya sering cek aki anda, sumber : commercialautoexpo.com

2. Saat Truk Tak Beroperasi

Jika kendaraan baik mobil ataupun truk tidak digunakan terlebih dalam waktu yang lama, ada baiknya jangan membiarkan aki dalam keadaan kosong. Aki yang kosong akan mudah mengalami kerusakan dan sulit dipulihkan pada keadaan semula. Dan lebih baiknya jika kabel ground pada aki dilepas terlebih dahulu dan dipasang lagi saat kendaraan akan digunakan.

3. Sesuaikan Muatan

Hal yang tak kalah penting adalah muatan yang dibawa oleh kendaraan kita. Jika kapasitas muatan melebihi yang seharusnya maka bersiaplah untuk menanggung kerusakan aki kendaraan anda. Selain berat dalan start awal, kapasitas muatan yang berlebih akan membebani aki ketika dalam perjalanan. Sebaiknya anda bijak di dalam menaikkan muatan pada kendaraan anda.

4. Standarkan Pemakian Suku Cadang

Aki sebagai sumber daya pada sebuah kendaraan tentunya telah disesuaikan sedemikian rupa oleh produsen dengan suku cadang yang digunakan sebuah kendaraan. Jika pemakaian aki tidak sesuai standar yang telah dibuat sudah bisa dipastikan aki cepat mengalami masa aus bahkan rusak.

Nah itulah beberapa langkah perawatan untuk memperpanjang masa pakai aki pada truk. Sebagai pengguna alangkah baiknya jika memperhatikan aki yang dimiliki. Jangan sampai aki dibiarkan begitu saja karena dikhawatirkan akan mengganggu perjalan anda.

Semakin rutin perawan yang dilakukan tentunya akan berdampak pada kenyamanan perjalanan anda. Sudah rutinkah anda merawat aki kendaraan anda ? Jika belum lakukan dan minimalisir kerusakan.

Leave a Comment

Open chat