Aki Kering, Memperbaiki dengan Baik dan Benar

Memperbaiki menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam perputaran hidup kita. Adapun memperbaiki menjadi hal yang penting karena akan menimbulkan banyak sekali manfaat. Adapun manfaat yang kit adapat dari memperbaiki adalah permaafan jiwa, ketulusan diri dan ketentraman hati. Memperbaiki bisa mencakup banyak segmentasi, bisa memperbaiki diri, bahkan sampai memperbaiki aki kering juga.

Dalam segmentasi memperbaiki kesehetan, kita bisa memperbaiki kesehatan dengan british propolis dan menjaga imunitas diri dengan berjemur, maupun dengan asupan yang bergii dan berdaya vitamin tinggi. Perlu kamu ketahui bahwa dalam memperbaiki kesehatan yang telah terganggu, kita dapat menjalani banyak kiat dalam menjaga keseahatan tubuh kita.

Adapun dalam memperbaiki aki kering, banyak sekali kiat yang memang membahas hal tersebut. Dari banyaknya kiat dalam memperbaiki aki kering, kamu dapat melakukan hal tersbut di rumah dengan secara mandiri.

Memperbaiki aki kering, tidak seperti melakukan perawatan ban mobil yang di mana ketika kita melakukan perawatan pada ban mobil kok disitu kita memerlukan pengetahuan tentang dan mobil tersebut sebagai contoh kita harus mengetahui tanggal kadaluarsa ban tersebut kemudian kebotakan pada ban tersebut dan masih banyak yang lainnya.

aki kering
Gambar : Aki kering mobil, sumber : carmudi.co.id

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang memperbaiki aki kering, ada baiknya kita lebih mengetahui terlebih dahulu kondisi bagaimana aki tersebut mesti dan harus diperbaiki dengan segera.

Bagi semua orang yang memiliki mobil sudah harus mengetahui dan memahami cara untuk mengidentifikasi atau mengetahui komponen-komponen atau bagian-bagian pada mobil yang harus diperbaiki baik karena sudah usang ataupun karena rusak.

Adapun berbagai penjelasan mengenai ciri aki kering yang sudah usang dan mesti diperbaiki, bisa kita lihat dari maksimalnya kinerja pada komponen-komponen yang ada di interior mobil kita sendiri contohnya, ketika kita memulai menyalakan lampu sein pada mobil, kemudian kita menggunakan power window pada mobil sampai bisa kita identifikasi dengan kinerja kemaksimalan pada klakson mobil kita.

Tentu saja cara-cara mengetahui yang sudah dijelaskan diatas bisa kita peragakan sendiri ataupun bisa kita identifikasi secara mandiri dan mudah untuk mengetahui apakah aki kering mobil kita perlu diperbaiki dan mendapatkan perawatan ekstra ataupun aki kering pada mobil Kita masih dalam keadaan kondisi yang prima dan tidak perlu diadakan perbaikan.

aki kering
Gambar : Cek listrik pada aki, sumber : daihatsu.co.id

Merawat Aki Kering

Adapun cara merawat aki kering supaya mendapatkan kinerja yang maksimal dan prima, kita harus memperhatikan banyak sekali hal, dalam hal ini kita sangat perlu untuk menjaga dan lebih bijak dalam menggunakan AC ataupun komponen-komponen lainnya yang memang penyuplai utamanya dari aki kering tersebut.

Dalam merawat aki selain Kita betul-betul bisa memakai dan menggunakan komponen ataupun bagian dengan bijak, menjaga kebersihan kutub aki itu sendiri sangatlah mempengaruhi kesehatan ataupun kondisi pada aki mobil tersebut, selalu pastikan aliran ataupun saluran tidak tersumbat atau pun terhalang oleh kotoran atau apapun.

Tips Memperbaiki Aki Kering

Sebelum kita memulai untuk melakukan perbaikan pada aki hal yang paling penting dan utama untuk memperbaiki aki tersebut ialah, kita harus mengetahui penyakit ataupun problem pada aki mobil tersebut. Kemudian kita pun juga harus menyiapkan alat-alat yang sekiranya mampu untuk membantu dan mempermudah proses perbaikan pada aki kering mobil tersebut.

aki kering
Gambar : Perabaikan aki kering, sumber : google.com

Lepaskan Penyambung Arus Aki Kering

Setelah kita mengetahui dan menganalisis penyakit ataupun trouble pada aki, kita bisa langsung melepaskan penyambung arus pada aki kering mobil tersebut. Dalam aki kering terdapat dua, kutub positif dan kutub negatif. Adapun untuk giat melepas kutub tersebut kamu bisa mengawali dengan kutub positif terlebih dahulu kemudian baru ke kutub negatif.

Hal tersebut, dapat meminimalisir penyakit ataupun trouble baru pada aki mobil yang akan kita perbaiki. Sebagai contoh, ketika kita salah dalam melepas kutub di aki maka dari situ akan timbul permasalahan berupa arus pendek yang yang akan timbul pada aki ketika dua kutub tadi tidak dilepas secara berurutan.

Jangan lupa Untuk Membuka Penutup Aki

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan setelah melepaskan penyambung arus pada aki mobil tersebut adalah membuka penutup pada aki. Bayangkan jika kita ingin memperbaiki aki, akan tetapi kita lupa untuk membuka penutup pada aki sampai kapanpun itu tidak akan pernah ah bisa untuk diperbaiki, maka dari itu membuka penutup pada aki menjadi sangat penting dalam kiat memperbaiki aki kering pada mobil.

Lakukan Pengisian dengan Menggunakan Air Zuur

Langkah selanjutnya ketika kamu sudah membuka penutup pada aki, pastikan jika kondisi si pada aki sudah tidak baik pasti kan kembali apakah masih ada air zuur didalamnya atau tidak. Jika kamu sudah bisa memastikan bahwa air zuur di dalamnya sudah kosong maka kamu dapat mengisi kembali dengan menggunakan air zuur.

Lakukan pengisian air zuur pada aki secara hati-hati karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika mengisi air zuur ke aki pada mobil. Kamu bisa mendapatkan air zuur tersebut di bengkel terdekat ataupun di di gerai kimia yang ada di kota kamu sekarang tinggali.

Langkah terakhir kamu bisa menutup aki kembali kemudian memasang kabel-kabel yang sudah di lepas tadi ketika ingin memperbaiki aki jangan lupa untuk memasang kembali kutub positif dan kutub negatif secara berurutan dengan baik dan benar titik langkah yang terakhir kamu dapat menghidupkan mesin pastikan RPM dalam mobil kamu tidak berada dibawah 600 RPM.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, kam juga bisa membaca artikel lainnya seperti Memilih Velg Mobil yang Berkualitas dan Aki Tekor, Selalu Jaga Kondisi Aki Yaa!. Semoga bermanfaat, selalu jaga kondisi aki mobil kamu, perbaiki jika sudah usang dan lakukan perawatan dengan baik.

Leave a Comment

Open chat