7 Peluang Bisnis Otomotif Yang Bisa Anda Coba

Di setiap bisnis akan selalu datang yang namanya peluang, entah bisnis dalam bidang makanan atau kuliner, kecantikan, fashion, bahkan sampai dengan bisnis otomotif. Peluang bisnis otomotif salah satunya, bisnis tersebut menjadi salah satu bisnis menguntungkan dan memiliki banyak peminat karena banyaknya permintaan yang ada.

Di Indonesia, proses bisnis otomotif sendiri senantiasa mengalami perkembangan, hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya minat masyarakat akan kendaraan pribadi yang memiliki sifat lebih ekonomis dan praktis. Karenanya banyaknya pula bisnis otomotif yang berlomba-lomba menawarkan jasanya untuk melakukan perawatan dan perbaikan rutin kendaraan.

7 Peluang Bisnis Otomotif

Namun, perlu diketahui sebelum terjun ke dalam bisnis otomotif sebaiknya anda mengetahui aspek bisnis tersebut. Karena aspek bisnis otomotif menjadi modal awal bisnis anda bisa berkembang dan bisa sukses untuk kedepannya. Berikut ini peluang-peluang bisnis otomotif yang bisa anda coba untuk memulainya.

1. Jual Beli Kendaraan

Peluang bisnis pertama yang bisa anda coba yaitu jual beli kendaraan, terlebih lagi jika memiliki modal yang besar. Anda bisa mencoba peruntungan dengan memulai bisnis jual beli kendaraan dengan kondisi baru. Jika modal yang dimiliki minim, bisa memulai dengan jual beli kendaraan bekas.

Ilustrasi peluang bisnis otomotif jual beli kendaraan. Sumber Istock
Ilustrasi peluang bisnis otomotif jual beli kendaraan. Sumber Istock

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki yaitu anda mampu berkomunikasi baik dan juga persuasif dengan calon pembeli untuk meyakinkan pelanggan agar membeli kendaraan yang ada di toko. Selain itu, anda juga bisa menjadi makelar yaitu dengan menghubungkan calon pembeli dengan produsen atau distributor kendaraan bermotor.

2. Penjualan Sparepart Mobil dan Motor

Peluang bisnis otomotif kedua yang bisa dicoba yaitu bisnis penjualan sparepart mobil dan motor. Bisa dibilang bisnis tersebut cukup menguntungkan, karena memiliki resiko yang kecil. Tidak hanya itu saja harga dan permintaannya bisa dibilang cenderung stabil dan untuk nilai asetnya mengalami perubahan hanya sedikit.

Terlebih lagi bisnis penjualan sparepart tidak terpengaruh dengan trend yang ada, sehingga bisa meminimalisir adanya kerugian. Sparepart sendiri merupakan bagian dari kendaraan, apabila mengalami kerusakan anda harus segera menggantinya. Karena untuk keselamatan dan juga kenyamanan dalam berkendara baik sepeda motor ataupun mobil.

3. Bisnis Perawatan Kendaraan atau Bengkel

Peruntungan bisnis selanjutnya yang bisa dicoba yaitu bengkel atau perawatan kendaraan. Bisnis tersebut memiliki peluang yang bisa dibilang tinggi, karena banyaknya masyarakat yang memiliki kendaraan baik sepeda motor atau mobil memungkinkan melakukan perawatan pada kendaraan yang mereka miliki.

Ilustrasi peluang bisnis otomotif jasa perawatan kendaraan. Sumber Lokalsupport
Ilustrasi peluang bisnis otomotif jasa perawatan kendaraan. Sumber Lokalsupport

Biasanya perawatan kendaraan dilakukan secara rutin bulanan maupun tahunan dari mulai ganti oli, cek radiator, ganti ban, kampas rem, servis kendaraan rutin, dan masih banyak lagi. Diperlukan pengetahuan otomotif untuk memulai bisnis tersebut dan juga merekrut karyawan yang terampil, sehingga konsumen akan puas dengan pelayanannya.

4. Bisnis Rental Kendaraan

Peluang bisnis otomotif selanjutnya yang bisa dijadikan peruntungan yaitu bisnis rental kendaraan. Namun perlu diketahui bahwa bisnis rental kendaraan memerlukan modal yang lumayan besar karena diperlukan beberapa unit kendaraan untuk disewakan. Namun, anda juga bisa menggunakan kendaraan bekas untuk bisnis tersebut.

Hal yang perlu untuk diperhatikan selanjutnya yaitu mengenai kondisi kendaraan tersebut. Kondisi kendaraan yang disewakan harus dalam keadaan baik, sehingga customer yang menggunakannya akan merasa nyaman dan puas tentunya.

5. Aksesori dan Modifikasi Kendaraan

Peluang bisnis bidang otomotif selanjutnya yang bisa dijadikan peruntungan yaitu aksesori dan modifikasi kendaraan. Aksesori tambahan bisa membuat tampilan kendaraan menjadi lebih menarik dan tentunya memiliki fungsi tersendiri. Beberapa diantaranya aksesori dan modifikasi kendaraan yang biasanya banyak dicari yaitu penghemat bahan bakar.

Selain itu ada juga dash cam, organizer pada mobil, velg mobil, dan lain sebagainya. 

Ilustrasi bisnis bengkel aksesoris dan modifikasi kendaraan. Sumber Bukalapak
Ilustrasi bisnis bengkel aksesori dan modifikasi kendaraan. Sumber Bukalapak

Untuk memberikan kesan mobil yang lebih menarik tampilannya terkadang pemilik menggunakan sentuhan velg yang bermodif. Sebagai pecinta mobil modif perlunya memilih velg mobil yang berkualitas, supaya memberikan kesan nyaman dalam berkendara.

6. Jasa Pencucian Kendaraan

Selanjutnya peluang bisnis otomotif yang bisa dicoba yaitu jas pencucian kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor. Banyak pengguna kendaraan ini memilih mencuci mobil atau motornya ke tempat pencucian, karena tingkat kebersihan kendaraan lebih terjamin. Tentunya juga lebih praktis dan juga menghemat waktu.

Sebelum memulai bisnis tersebut pastikan anda memiliki tempat luas yang cukup untuk menampung banyak kendaraan. Tidak hanya itu saja, akses air bersih juga diperlukan dan akses listrik. Anda juga harus mempekerjakan karyawan yang terampil di bidangnya, karena ketika saat mencuci kendaraan tidak ada yang mengalami kerusakan.

7. Pelatihan atau Jasa Kursus Mengemudi

Di masa sekarang ini mobil sudah menjadi kebutuhan primer, banyaknya orang yang memiliki mobil terutama pada kota-kota besar. Karena akses kepemilikan yang mudah dengan maraknya penawaran cicilan mobil dimana-mana. Sehingga pemiliknya pun harus bisa mengendarai mobil yang dibelinya.

Ilustrasi bisnis jasa kursus mengemudi. Sumber Istock
Ilustrasi bisnis jasa kursus mengemudi. Sumber Istock

Hal tersebut memberikan peluang bagi pelaku bisnis jasa kursus mengemudi. Yang mana hal tersebut bisa dijadikan peruntungan yang menghasilkan tentunya. Namun, sebelum memulainya anda harus paham mengenai pengetahuan tentang otomotif yaitu berupa teknologi kendaraan, tren pasar, dan juga tentang persyaratan regulasi yang berlaku.

Sebagai pemilik bisnis kursus mobil, Anda harus selalu melakukan perawatan mobil rutin dan juga selalu memperhatikan aki yang dipakainya. Toko aki Jogja dapat menjadi mitra Anda dalam memilih merk aki mobil yang bagus, yang akan memberikan performa mesin yang optimal untuk kendaraan pelatihan Anda. Dengan begitu, mobil yang digunakan peserta kursus akan tetap kuat dan nyaman digunakan di jalan.

Sebelum memulai bisnis tersebut perlu adanya riset yang mendalam. Selain itu pengetahuan teknis yang kuat menjadi keuntungan yang sangat besar. Itulah beberapa jenis peluang bisnis otomotif yang bisa menjadi peruntungan untuk anda. Untuk informasi menarik lainnya anda bisa buka artikel lain pada website ini jogjatokoaki.com.

Leave a Comment