Ini Dia Untung Rugi Bisnis Rental Mobil Yang Wajib, Ketahui Sebelum Memulai

Semakin banyak orang memerlukan mobil untuk menunjang aktivitas harian membuat bisnis rental mobil menjadi ide bisnis otomotif yang sangat menjanjikan. Namun sebelum memulai usaha yang satu ini perlu diketahui terlebih dahulu mengenai untung rugi bisnis rental mobil sebagai persiapan menghadapi kemungkinan yang ada.

Untung Rugi Bisnis Rental Mobil 

Mobil dipilih karena cocok dipakai untuk melakukan perjalanan jauh baik dalam kota maupun luar kota dan tentunya melindungi penumpangnya dari terik matahari, udara yang panas, ataupun ketika hujan.

Sebelum terjun ke dalam suatu bisnis, tentunya hal yang pertama dilakukan yaitu dengan merencanakan bisnis itu sendiri. Selanjutnya ketahui juga untung rugi bisnis tersebut, seperti dengan bisnis rental mobil ini. Berikut ini beberapa untung rugi bisnis rental mobil yang wajib diketahui sebelum memulainya:

1. Modal yang Dibutuhkan Sedikit

Banyak orang yang bilang bahwa bisnis rental mobil mengeluarkan banyak modal, nyatanya bisnis tersebut membutuhkan modal yang minim bahkan bisa juga tanpa modal sekalipun. Jadi, sebagai seseorang yang ingin terjun dalam bisnis tersebut anda memiliki dua alternatif pilihan. Pilihan pertama anda bisa melakukan kerja sama dengan pihak jasa rental mobil lain.

Ilustrasi kerja sama dengan pihak jasa rental mobil lain. Sumber Istock
Ilustrasi kerja sama dengan pihak jasa rental mobil lain. Sumber Istock

Untuk cara yang pertama anda tidak harus memiliki mobil, hanya perlu menghubungkan penyewa dengan rental atau mitra bisnis anda. Alternatif yang kedua anda bisa menggunakan layanan kredit untuk memperoleh mobil yang selanjutnya akan disewakan. Dengan uang muka yang dimiliki seadanya anda bisa mempunyai satu unit mobil untuk disewakan.

2. Memiliki Target Pasar yang Luas

Perlu diketahui bahwa bisnis rental mobil memiliki jangkauan pasar yang luas. Target pasarnya tidak hanya pada wisatawan saja, namun lebih luas lagi. Sehingga banyak orang yang menganggap bahwa bisnis ini merupakan bisnis menguntungkan yang bisa dicoba tentunya.

Tidak hanya untuk wisatawan saja, biasanya rental mobil ini banyak dicari oleh perusahaan yang memerlukan kendaraan dinas, klien yang sedang menyelenggarakan event, atau dipakai untuk perseorangan. Namun, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai untung rugi bisnis rental mobil, karena hal tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan dalam bisnis tersebut.

3. Pengelolaan yang Mudah

Keuntungan lainnya dari bisnis rental mobil yaitu bahwa pengelolaan bisnis tersebut terbilang mudah. Pasalnya, anda bisa membuka bisnis ini secara individual dan bisa juga dengan mitra atau melakukan kerja sama. Walaupun bisa dibilang bisnis rental mobil ini menguntungkan, namun tetap perlu hati-hati guna untuk menghindari resiko penipuan yang ada.

Sebelum deal menyewakan mobil kepada seseorang atau klien, anda sebaiknya minta identitas pribadinya baik KTP, fotokopi SIM A, sampai dengan bukti mengenai perjanjian yang berisi aturan-aturan dalam memakai kendaraan tersebut. Hal ini dilakukan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan anda telah memiliki identitas pengendara tersebut.

4. Rentan Mengalami Kerusakan

Disamping memiliki keuntungan, nyatanya bisnis rental mobil juga memiliki kerugian yang kemungkinan pasti terjadi. Sudah semestinya bahwa untung rugi bisnis rental mobil itu pasti ada. Salah satu kerugiannya yaitu rentan mengalami kerusakan yang nyatanya tidak bisa untuk dihindari. Perlu diketahui resiko dari kerusakan mobil itu sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya perawatan mobil, dan juga bisa disebabkan karena kecelakaan atau kelalaian pengendara.

Ilustrasi mobil rental yang mengalami kerusakan. Sumber Istock
Ilustrasi mobil rental yang mengalami kerusakan. Sumber Istock

Biasanya resiko kecelakaan atau kelalaian menjadi faktor penyebab yang dilakukan oleh pengendara. Apabila hal tersebut sudah terjadi yang menjadi imbas yaitu mobilnya. Mobil tersebut pasti tidak akan seperti dulu lagi kenyamanannya. Maka dari itu, pentingnya memiliki asuransi kendaraan yang berguna terhadap mobil yang akan disewakan tentunya.

5. Terkadang Pelanggan Tidak Membayar Uang Sewa

Kerugian selanjutnya yang bisa terjadi pada bisnis rental mobil yaitu pelanggan terkadang tidak membayar sewa. Hal ini merupakan resiko yang secara umum bisa terjadi pada bisnis rental mobil.

Maka dari itu, sebagai pemilik bisnis anda perlu antisipasi mengenai hal tersebut. Dengan membuat aturan atau perjanjian mengenai pembayaran sewa misalnya dalam pembayaran sewa mobil dibayarkan dimuka atau secara langsung. Jadi, hal ini bisa untuk meminimalisir pelanggan yang berniat untuk tidak membayar uang sewa.

6. Kebersihan yang Kurang Terjaga

Kebersihan mobil menjadi masalah ringan atau sepele yang pasti terjadi tentunya dan dialami oleh pemilik bisnis rental mobil itu sendiri. Perlu diingat lagi bahwa untung rugi bisnis rental mobil itu pasti dialami oleh pemilik bisnis rental mobil tersebut. Tentunya kerugian yang terjadi bisa diminimalisir dengan strategi bisnis yang telah diperkirakan sebelumnya.

Sebagai pemilik bisnis, anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa sebelum memberikan kunci mobil kepada pelanggan perlu adanya arahan kepada pelanggan. Arahan tersebut yaitu agar pelanggan senantiasa memperhatikan kebersihan interior mobil termasuk juga aksesoris interior mobil dan juga eksterior mobil itu sendiri.

7. Sulit untuk Bersaing

Perlu diingat lagi bahwa bisnis itu memiliki keuntungan dan kerugian tentunya, seperti untung rugi bisnis rental mobil yang pasti terjadi dan dialami oleh pemilik bisnis tersebut. Selain terdapat keuntungan, kerugian yang bisa terjadi dalam bisnis tersebut yaitu sulitnya untuk bersaing baik di kota kecil maupun kota-kota besar yang memiliki banyak penduduk.

Ilustrasi banyaknya penyedia jasa rental mobil. Sumber Rent
Ilustrasi banyaknya penyedia jasa rental mobil. Sumber Rent

Banyaknya penyedia rental mobil, membuat pula banyaknya persaingan bisnis pada bidang tersebut yang tentunya tidak dapat terelakkan. Namun, sebagai pemilik bisnis anda bisa melakukan strategi bisnis yang tepat agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, seperti dengan promosi melalui media sosial, memahami aspek bisnis otomotif, melakukan perawatan mobil rutin, dan sebagainya.

Itulah beberapa untung rugi bisnis rental mobil yang wajib diketahui sebelum anda memulai bisnis tersebut. Pada kenyataannya bisnis itu perlu adanya konsistensi dan perlu pemahaman mengenai situasi pasar agar bisnis tersebut bisa tetap berjalan. Untuk artikel menarik lainnya anda bisa mengakses artikel pada website ini jogjatokoaki.com.

Leave a Comment