Tips dan Trik Memperbaiki Aki Basah Pada Mobil Anda

Memperbaiki Aki Basah Mobil – Baterai mobil adalah tipe baterai yang dapat diisi kembali dimana ia berfungsi untuk menyimpan energi listrik dari alternator. Seluruh kebutuhan energi listrik pada kendaraan bermotor disuplai oleh altenator, meskipun sebagian dari baterai tetapi sumber energi listriknya tetap dari alternator. Energi listrik yang tersimpan pada baterai tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan kendaraan bermotor saat alternator tidak bekerja.

Baterai atau Aki sebagaimana di atas, merupakan satu komponen vital untuk menyalakan mesin mobil. Aki bertugas menyediakan energi yang memadai untuk memutar dinamo starter dan kemudian menjalankan siklus mesin. Komponen yang dikenal dengan istilah Aki ini juga memiliki sebutan lain yaitu accumulator, atau accu.

Aki mengambil peranan penting pada performance mesim. Sumber : Unsplash
Aki mengambil peranan penting pada performance mesim. Sumber : Unsplash

Aki merupakan baterai bagi kendaraan yang berperan untuk menyimpan dan menyediakan daya untuk memenuhi berbagai kebutuhan energi listrik pada mobil, mulai dari dinamo starter, lampu-lampu sampai dengan sistem elektrik mobil. Tak ayal jika komponen ini kemudian menjadi sangat vital pada saat berkendara.

Aki mobil dikenal di kalangan masyarakat dengan beberapa jenis yakni aki kering, aki basah, dan aki hybrid. Meski demikian, sebenarnya, ‘genus‘ dari aki hanya terbagi menjadi dua kelompok yakni Low Maintenance (minim perawatan) dan aki Free Maintenance (bebas perawatan). Adapun beda satu sama lain kedua jenis aki ini berada pada komponen bagian di dalamnya. Pasalnya, seluruh aki mobil saat ini masih mengenakan cairan yang sama yakni rangkaian kimia H2SO4 atau yang lebih dikenal dengan asam sulfat.

Aki adalah jantung sebuah mobil yang akan memberikan ‘kehidupan’ bagi mobil. Mesin mobil, secanggih apapun mobil ketika mengalami kesulitan untuk dinyalakan bisa jadi menandakan bila Aki sedang kekurangan tegangan. Hal ini akan berdampak pada mobil tidak akan bisa dinyalakan termasuk juga perangkat kelistrikan lainnya seperti lampu-lampu, head unit, klakson dan juga alarm. Sehingga memasang aki mobil dengan benar menjadi hal yang tidak kalah penting untuk selanjutnya dirawat dengan baik.

Agar tidak mengalami berbagai kesulitan ketika daya Aki habis tersebut, alangkah baiknya jika Anda rutin untuk melakukan tindakan yang preventif. Mulai dari pengecekan rutin satu atau dua minggu sekali. Bisa dilakukan sendiri, untuk aki Low Maintenance hanya modal menambahkan air aki sampai batas level atasnya.

Termasuk juga bagian-bagian mobil lainnya yang sekiranya perlu perbaikan, anda bisa mengandalkan sejumlah jasa las terpercaya, salah satunya jika Anda berdomisili di Jogja, bengkel las di Jogja bisa jadi pilihan.

Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil

Menjadi komponen yang cukup penting, tentu membuat aki harus selalu dalam keadaan yang prima untuk digunakan. Karena seringnya digunakan, tentu lama kelamaan aki juga bisa mengalami kerusakan. Jika sudah terlanjur rusak tentu hal ini akan merepotkan bagi kita. Pasalnya kerusakan pada Aki tidak hanya terbatas pada Aki itu sendiri, tapi juga akan terdampak pada komponen-komponen lain pada mobil.

Ilustrasi proses pengkondisian daya pada mobil. Sumber : Unsplash
Ilustrasi proses pengkondisian daya pada mobil. Sumber : Unsplash

Namun Anda jangan khawatir karena ternyata cara memperbaiki aki basah mobil Anda sangatlah mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut kami akan bagikan tips dan trik cara memperbaiki aki basah mobil anda. Dengan cara yang mudah dan praktis, Anda tidak akan kerepotan dalam melakukannya. Selamat menyimak.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan, seperti:

  • Air aki (Accu zuur). Air ini berfungsi sebagai perendam. Cell-cell yang terkandung dalam aki akan direndam menggunakan air zuur ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa aki yang basah menggunakan wadah transparan.
  • Obeng. Akan sangat membantu kita untuk keperluan mengencangkan dan melepaskan berbagai macam jenis sekrup.
  • Sarung Tangan. Ini akan membantu mengurangi cedera serius pada bagian tangan jika terjadi kecelakaan atau hal ini yang berpotensi menyebabkan tangan terluka seperti dari terpapar air aki.
  • Masker. Dengan menggunakan masker setidaknya bisa sedikit banyak meredam berbagai bau tajam yang bisa menggangu hidung serta dari debu-dubu yang beterbangan
  • Air Biasa. Memiliki banyak fungsi selama pengerjaan aki mobil Anda
  • Corong Kecil. Ini akan kita gunakan untuk melakukan pergantian atau pengisian air aki itu sendiri

Setelah menyiapkan alat-alat diatas, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara memperbaiki aki basah mobil Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, Anda dapat memulainya dengan melepas aki mobil. Perlu Anda ingat untuk tidak lupa menggunakan sarung tangan dan masker.

Berikutnya buka penutup lubang-lubang aki menggunakan tang atau kunci pas agar lebih mudah. Dengan menggunakan alat akan membantu Anda lebih mudah dalam melakukannya dibanding secara manual menggunakan tangan.

Kemudian buang cairan pada aki yang rusak. Caranya adalah dengan membalikkan aki. Jangan lupa, buang cairan ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak karena berbahaya.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan air biasa melalui lubang-lubang aki. Kemudian kocok dan buang kembali. Lakukan sebanyak dua kali saja. Karena terlalu banyak mengocok dan membalik aki dapat menyebabkan beberapa kerusakan.

Lalu balik aki dan biarkan sampai tidak ada air yang tersisa. Setelah tidak ada air aki yang tersisa, isi aki dengan air aki zuur sampai batas maksimal. Gunakanlah corong kecil untuk mengisi air aki.

Proses pengisian air aki. Sumber : Google
Proses pengisian air aki. Sumber : Google

Berikutnya mengisi daya aki. Dibutuhkan waktu semalaman untuk mengisi dengan aliran kecil agar lebih stabil dan tahan lama.

Nah, setelah semua langkah diatas dilakukan, aki siap dipakai kembali. Begitulah cara memperbaiki aki basah mobil Anda. Yang paling penting, rawatlah aki Anda dengan baik agar tidak rusak kembali. Anda perlu rutin mengontrol ketinggian air aki Anda dan rutin memanaskan mobil Anda meski tidak dipakai. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment

Open chat