Kenali Jenis Mobil Pick-up Untuk Angkutan

Perkembangan industri saat ini semakin berkembang dengan pesat. Oleh karenanya dibutuhkan kendaraan dengan mobilitas tinggi yang dapat mendukung perkembangan tersebut. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk menyediakan jasa sewa kendaraan, karena belum tentu semua masyarakat memiliki kendaraan untuk mendukung kegiatan rutinitas mereka.

Karena banyaknya para pengusaha yang melihat peluang ini, persaingan dibidang penyediaan jasa angkut semakin sengit. sama halnya dengan penyedia jasa sewa pick up Jogja, yang notabenenya kota ini merupakan kota pelajar yang paling populer. Pada saat ini kita akan membahas lebih jauh tentang jenis jenis pick up walau sebenarnya kendaraan ini pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu mempermudah angkut mengangkut barang.

Ada beberapa jenis pick up yang pastinya memiliki manfaat berbeda-beda. Memahami apa saja jenis-jenisnya akan memudahkan siapa saja yang membutuhkan pick up ketika membeli. Sekilas memang antara satu jenis pick up dengan jenis lainnya terkesan sama. Namun masing-masing diantaranya memiliki manfaat lebih spesifik yang berbeda.

Jenis-jenis Mobil Pick Up

Walau secara garis besar mobil pick up memiliki tujuan yang sama yaitu mempermudah dalam memindahkan barang dari satu tempat ketempat lainnya, namun pick up sebenarnya memiliki jenis jenis tersendiri. Jenis jenis mobil pick up dapat anda lihat seperti berikut ini:

Mobil Pick Up Standard, Sumber: Google

1. Pick Up Standard

Merupakan kendaraan yang paling banyak ditemui di jalan raya, ukuran bannya yang lebih kecil dibanding dengan wide deck, membuat pick up ini tidak dibekali dengan ban khusus seperti pick up lainnya.

2. Pick Up Wide Deck

Merupakan pick up yang memiliki ukuran dan spesifikasi lebih lebar dibanding dengan pick up standard. Ukuran cabin dan baknya yang lebih lebar, memungkinkan untuk membawa muatan yang lebih banyak dan berukuran besar.

3. Pick Up Box Standard

Merupakan mobil pick up dengan Box di bagian bak belakangnya. Biasanya digunakan untuk mengangkut barang barang yang tidak tahan terhadap cuaca buruk atau perubahan cuaca ekstrim.

4. Pick Up Single Cabin

Merupakan mobil pick up yang menggunakan bak belakang dimana manfaatnya seperti halnya pick up standard. Perbedaannya pick up ini dapat digunakan pada wilayah yang memiliki medan medan berat di dalamnya.

5. Pick Up Flat Deck

Merupakan mobil pick up yang menggunakan bak belakang yang mana jenis kendaraan ini biasa digunakan untuk membawa muatan berisi cairan.

Kapasitas Muatan Setiap Jenis Mobil Pick Up

Setiap jenis mobil pastinya memiliki spesifikasi muatan yang berbeda beda. Tergantung kegunaan dan fungsi kendaraan tentunya. Untuk mengetahui kapasitas muatan setiap jenis mobil pick up, dapat dilihat pada penjelasan berikut ini:

1. Pick Up Standard

Pick up standard atau dapat diwakili oleh Mitsubishi L300, memiliki kapasitas mesin sebesar 2477 cc yang mampu menghasilkan torsi sebesar 134 nm pada 2500 rpm. Memang mobil ini memiliki kesan yang sederhana dan berbentuk seperti mobil jaman dulu. karena memang mobil pick up ini lebih mengedepankan fungsi dari pada penampilan. Adapun kapasitas angkut maksimal kendaraan ini mencapai 2950 kg.

2. Pick Up Wide Deck

Pick up wide deck atau dapat diwakili oleh Suzuki Carry, memiliki kapasitas mesin sebesar 1462 cc yang mampu menghasilkan torsi sebesar 135 nm pada 4400 rpm. Kendaraan ini sebenarnya telah diperbarui dengan desain yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Mobil Pick Up Wide Deck, Sumber: Google

Karena memiliki ukuran bak yang lebih besar, memungkinkan untuk mengangkut muatan lebih banyak. Adapun kapasitas angkut maksimal bisa mencapai 1 ton

3. Pick Up Box Standard

Pick up box standard atau dapat diwakili oleh Suzuki New Carry, memiliki kapasitas mesin sebesar 1462 cc yang mampu menghasilkan daya sebesar 97 ps pada 5600 rpm. Kendaraan ini memiliki desain yang lebih elegan, kuat dan tangguh. Daya angkut yang dapat ditampung kendaraan ini adalah sebesar 1 ton.

4. Pick Up Single Cabin

Pick up single cabin atau dapat diwakili oleh Toyota Hilux, memiliki kapasitas mesin sebesar 1998 cc yang mampu menghasilkan daya sebesar 139 ps pada 5600 rpm. Kendaraan ini memiliki ketangguhan diatas rata rata, apalagi dihadapkan dengan kondisi jalan yang ekstrim. Sedangkan daya angkut yang dapat ditampung kendaraan ini adalah mencapai sebanyak 1,3 ton 

5. Pick Up Flat Deck

Pick up flat deck atau dapat diwakili oleh Isuzu Panther, memiliki kapasitas mesin sebesar 2500 cc yang mampu menghasilkan daya sebesar 80 ps pada 3500 rpm. Kendaraan ini memiliki keandalan mesin yang memadai karena berawal dari panther diubah menjadi pick up. Daya angkut yang dapat ditampung kendaraan ini mencapai 2 ton.

Kelebihan Menggunakan Mobil Pick Up

Perkembangan zaman yang kian pesat terkhusus pada bisnis jasa kendaraan ini membuat tantangan bisnis persewaan mobil semakin sengit, Karena setiap penyedia jasa melihat peluang besar untuk keberhasilan bisnisnya. Apalagi penyedia jasa ini membutuhkan modal yang lumayan besar untuk mewujudkan tempat yang berkualitas yang sekiranya dapat membuat customer nyaman dan percaya dengan bisnis jasa anda.

Mobil Pick Up Box Standard, Sumber: mobilsuzukibali.com

Saat ini peluang yang sedang dilirik adalah menyediakan jasa angkut menggunakan mobil Pick up. Alasan jasa ini dilirik karena menggunakan pick up memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kendaraan lainnya. Kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mobil pick up memiliki ukuran yang ramping sehingga cocok sekali dipakai sebagai angkut muat barang.
  2. Mudah dalam perawatannya sehingga tidak membutuhkan banyak biaya tambahan lainnya.
  3. Aki mobil ini memiliki kapasitas yang sama dengan jenis aki mobil dan truk di pasaran pada umumnya.
  4. Harga pick up yang terbilang cukup terjangkau, apalagi penggunaannya dapat membantu usaha UKM yang masih memiliki modal kecil.
  5. Suku cadang kendaraan yang selalu ada dipasaran, jadi tidak perlu bingung akan kehabisan.

Begitulah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis mobil pick up untuk angkutan yang dapat kami berikan untuk anda. Mulai dari sini kita memahami bahwa pick up memiliki jenis dan pemanfaatan yang berbeda beda tergantung spesifikasi dan kemampuannya. Dari sini juga kita belajar ternyata mobil pick up dalam kegunaannya tidak kalah dengan jenis kendaraan lainnya dan bahkan penggunaan pick up tergolong mulia karena dapat membantu usaha UKM yang notabenenya masih memiliki modal kecil.

Leave a Comment

Open chat