Jaket Touring Yang Anda Cari? Ini Manfaat Dan Tips Memilihnya!

Apakah anda suka touring? Walaupun kegiatan berkendara keliling tempat jauh ini adalah hobi yang identik dengan lelaki, namun tidak sedikit pula kaum hawa yang turut menikmatinya. Jaket adalah atribut yang tepat untuk gaya dan keamanan. Maka saat ini apakah jaket touring yang anda cari? Ini manfaat dan tips memilihnya.

Touring merupakan hobi yang menuntut para pelakunya memiliki stamina yang baik. Selain itu kondisi kendaraan dan atribut yang memadai sangat dibutuhkan untuk keamanan saat berkendara. Maka sebelum melakukan touring bersama komunitas dan sahabat tercinta ada baiknya anda mengecek kendaraan serta menyiapkan semua keperluan.

Atribut touring adalah komponen yang harus senantiasa diutamakan kualitas dan kelengkapannya. Karena ketika saat di jalan ada banyak kemungkinan yang bisa dijumpai dan itu semua tidak terduga. Kesiapan atribut akan memberikan kelancaran bagi anda dan komunitas.

Jaket touring sangat bermanfaat
Touring butuh persiapan matang, sumber : pixabay.com

Manfaat Jaket Touring

Salah satu atribut pendukung yang sangat penting adanya adalah jaket touring. Jaket selain memiliki fungsi untuk bergaya sehingga tetap tampil kece saat bersama kawan, juga memiliki segudang manfaat. Dan inilah beberapa manfaat jaket touring :

1. Melindungi Tubuh

Hal yang pasti tidak dapat terhindarkan saat berkendara adalah adanya terpaan angin. Terlebih jika berkendara yang sedang dilakukan adalah aktivitas touring. Kebersamaan bersama kawan-kawan yang menghasilkan kesan menyenangkan kadang membuat kita lena pada kecepatan berapa kendaraan sedang dipacu.

Tentu semakin cepat kendaraan melaju terpaan yang akan diterima oleh tubuh akan semakin meningkat. Meski efek yang dirasakan tidak akan seketika, namun beberapa efek yang cepat dirasakan adalah masuk angin. Untuk menanggulangi hal ini terjadi maka dibutuhkan jaket touring yang terbaik.

2. Keamanan Berkendara

Saat berkendara pasti akan terjadi penurunan kekuatan stamina manusia. Dan ketika itu terjadi maka tentu akan mengganggu stabilitas panca indera manusia yang salah satunya adalah bagian mata. Mata yang lelah akan lambat merespon sesuatu yang gelap untuk dilihat. Jika itu di jalanan bisa saja kecelakaan akan terjadi.

Jaket touring memberikan keamanan
Jaket touring memberi keamanan, sumber : pixabay.com

Jaket touring yang cerah akan sangat membantu anda saat melakukan touring. Warna cerah yang mirip dari berbagai jenis produk konveksi jersey tersebut dengan sangat mudah dilihat mata manusia. Walaupun cuaca sedang buruk dan stamina sedang menurun, warna cerah cepat terlihat oleh mata manusia dibandingkan warna yang gelap.

3. Mudah Ditandai

Jarak jauh yang ditempuh dalam rute touring terkadang membuat antara satu  anggota dengan yang lainnya terpisah. Jaket touring yang telah diberi logo khusus atau memang sengaja dibuat berseragam akan membantu menemukan anggota tim saat tertinggal. Tanda baik seragam pada jaket atau logo sebaiknya tidak ditinggalkan untuk menjaga kebersamaan.

Selain beberapa manfaat di atas tentu masih banyak lagi manfaat lainnya dari penggunaan jaket touring untuk pengendara. Maka sebaiknya ketika membeli jaket touring memiliki standar yang kuat.

Tips Memilih Jaket Touring

Jaket touring saat ini memiliki begitu banyak ragam dari bahan pembuatannya hingga model yang ditawarkan. Membeli bersama tim akan lebih baik terlebih bila ingin membeli dalam bentuk seragam. Dan bagi anda yang ingin membelimya, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan :

1. Memiliki Bahan Tepat

Untuk menanggulangi terpaan angin yang besar saat berkendara sebaiknya bahan jaket touring diperhatikan serius. Selain memilih bahan yang tebal tentu ada pertimbangan lain pendukung kualitasnya. Beberapa bahan yang cukup terkenal adalah yang berbahan kulit, waterproof ataupun windproof.

Jaket touring sebaiknya berbahan yang tepat
Pilih jaket dengan bahan yang tepat, sumber : tokopedia.com

Bahan kulit sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Baik untuk pendukung gaya ataupun diambil manfaatnya bahan kulit memberikan keduanya. Terlebih kulit dikenal kedap terhadap angin. Tidak seperti bahan kain yang angin bisa saja masuk melalui sela-sela pori-porinya.

Waterproof memiliki peran yang sangat baik dalam menghalau air. Maka pakaian yang dibuat dengan bahan ini bisa dikatakan kedap air termasuk jaket. Namun tidak hanya bisa diambil manfaatnya saja, bahan waterproof juga bisa memiliki fungsi seperti plastik kemasan aksesoris yang bisa memberikan keindahan pada gaya.

Sedangkan yang berbahan windproof memiliki fungsi sebagai penghalau angin. Jaket yang dibuat dengan bahan ini diantaranya dalam bentuk jeans. Tentu model jeans akan memberikan manfaat baik untuk keselamatan ataupun bergaya. Untuk touring pun tentu tidak akan membuat anda minder saat berkumpul bersama komunitas.

Baca Juga : Memilih Velg Mobil Yang Berkualitas

2. Berwarna Terang

Pernahkah anda berfikir kenapa pak polis selalu menggunakan atribut warna hijau muda saat berkendara? Hijau muda tentu membuat pengendara mudah dilihat saat dijalanan. Saat mudah dilihat tentu akan mengurangi angka kecelakaan yang kemungkinan saja terjadi.

Termasuk dengan jaket touring sebaiknya memiliki warna yang terang. Terlebih jarak yang ditempuh bukanlah jarak dekat membuat kemungkinan yang terjadi semakin besar. Dengan jaket yang berwarna terang dimanapun anda berada keselamatan berkendara lebih terjaga walaupun sedang dalam cuaca yang tidak baik seperti berkabut atau hujan.

Jaket touring sebaiknya berwarna cerah
Pilih yang berwarna cerah, sumber : bukalapak.com

3. Berstandar Mutu

Selain yang disebutkan diatas sebaiknya jaket yang digunakan juga telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan berkaitan keamanan berkendara. Sehingga jaket yang digunakan bukanlah sembarangan apalagi jarak yang ditempuh adalah jarak yang jauh.

Maka sebaiknya para pengendara menghindari aksesoris yang berlebih pada jaket yang digunakan untuk touring. Karena walaupun akan terkesan keren, aksesoris berlebih bisa saja mengganggu konsentrasi anda. Konsentrasi yang buyar ketika berkendara amat berbahaya saat berada di jalan.

Itulah beberapa tips untuk anda yang sedang mencari jaket touring. Walaupun tema dari aktifitas tersebut adalah untuk bersenang-senang bersama teman namun keamanan tetap menjadi hal paling utama.

Apakah anda sudah memiliki agenda touring bersama komunitas kesayangan anda? Jika sudah jangan lupa menjaga keselamatan dan mengutamakan keselamatan. Kedua hal tersebut tentu tidak datang dengan sendirinya yang salah satunya bisa diwujudkan dengan menggunakan jaket terbaik, baik manfaat ataupun gaya.

Leave a Comment

Open chat