Simak! Harga Aki Mobil Hitachi Berikut

Harga Aki Mobil Hitachi – Hitachi, Ltd adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Marunouchi, Chiyoda, Tokyo, Jepang. Perusahaan induk bagi Hitachi Group. Hitachi berada di peringkat 371 dalam Forbes Global 2000 tahun 2007. Didirikan pada tahun 1910. Perusahaan ini mempekerjakan 384.444 pekerja pada tahun 2007.

PT Hitachi Asia Indonesia sendiri mulai beroperasi di Jakarta pada bulan Oktober tahun 2013 untuk lebih memperluas dan memperkuat bisnis Hitachi di Indonesia. Kami menyediakan beragam solusi untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, memasarkan secara luas produk dan jasa untuk berbagai sektor industri.

Hitachi memulai usahanya sebagai sebuah bengkel listrik bagi sebuah perusahaan pertambangan tembaga di kota Hitachi. Produk pertama Hitachi adalah motor listrik.
Di antara capaian Hitachi adalah memberikan andil untuk menghasilkan sekitar 50% pasokan energi bagi Singapura. Tidak hanya itu, bahkan sebagian besar ponsel di Eropa memiliki komponen Hitachi di dalamnya, mengembangkan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), sampai dengan mengembangkan DVD–RAM.

Ilustrasi salah satu kantor Hitachi. Sumber : crn.com
Ilustrasi salah satu kantor Hitachi. Sumber : crn.com

Dalam bahasa Jepang, “Hi” berarti “Matahari” sementara “tachi” berarti “Terbit” itulah mengapa HITACHI juga disebut “Sunrise” atau “ri li” dalam bahasa Cina/Jepang. Dalam hal aki, Hitachi juga merupakan produsen aki yang mengedepankan teknologi Jepang dalam proses produksi, control kualitas dan desain. Kualitas produk Hitachi dipastikan akan menjadi aki dengan performa tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan zaman.

Peran Penting Aki Pada Mobil

Sebelum membahas lebih jauh terkait jenis maupun harga aki mobil Hitachi, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu fungsi aki mobil. Aki mobil merupakan aki khusus yang digunakan untuk mobil. Setiap mobil tentu memiliki aki dengan tipe yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Tingkat kecocokan aki dengan mobil juga sangat dipengaruhi oleh adanya penambahan sejumlah piranti kelistrikan mobil. Sebab pada dasarnya aki bawaan dari pabrik sudah mencukupi kebutuhan mobil. Namun, bila ada tambahan beban kelistrikan aki bawaan tidaklah cukup sehingga harus terlebih dahulu meningkatkan kapasitas aki tersebut.

Baca Juga : Harga Aki Mobil Panther, Si Mobil Legendaris

Jenis dan Harga Aki Mobil Hitachi

Sebelum kita bahas harga aki mobil Hitachi, Anda perlu tahu jika pada umumnya jenis aki pada mobil terbagi setidaknya menjadi 2 yaitu: aki kering, aki basah dan aki semi maintenance free.

Salah satu produk aki mobil Hitachi. Sumber : Google
Salah satu produk aki mobil Hitachi. Sumber : Google

Pada jenis aki kering, cairannya lebih padat dan bentuknya adalah gel. Sedangkan pada aki basah cairannya lebih encer, seperti air pada umumnya. Selain dua perbedaan di atas, satu perbedaan lagi adalah harga aki kering umumnya relatif lebih mahal dibanding dengan harga aki basah.

Aki Maintenance Free (MF) meski masih menggunakan cairan namun tidak perlu diisi ulang seperti halnya aki konvensional. Walau disebut Maintenance Free atau bebas perawatan namun pemilik mobil harus tetap menjaga performa aki agar dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Aki basah memang membutuhkan perawatan lebih rutin dibandingkan dengan aki kering. Namun, sebagian orang tidak mengetahui jenis aki mobil yang digunakannya. Dari hal tersebut tentu perawatan aki bisa tidak maksimal sehingga aki mobil bisa soak lebih cepat daripada batas kapasitas maksimalnya.

Aki yang soak tentu akan sangat mempengaruhi kinerja dari mobil tersebut. mobil jadi susah untuk di-starter, lampu redut, perangkat audio tidak bisa dinyalakan atau kejadian yang lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena antara input dan output tidak seimbang. Jadi sumber aliran arus listrik di aki lebih sedikit sedangkan komponen listrik banyak yang membutuhkan suplai aliran listrik. Inilah pentingnya memilih aki yang cocok sesuai kebutuhan mobil anda.

Untuk produk aki Hitachi MF (Maintenance Free) atau lebih dikenal aki kering, aki ini diproduksi menggunakan elektroda paduan timbale dan pemisah amplop yang sangat tahan korosi. Struktur penutup dirancang khusus untuk mengembalikan air yang menguap kembali ke elektrolit.Sehingga akan terjadi efisiensi sumber daya.

Kualitas aki Hitachi telah dipercaya oleh banyak pabrikan otomotif sebagai komponen OEM pada produk Volvo, Mercedes-Benz, Ferrari, Toyota, Mitsubishi sampai dengan Hino.

Rangkaian produk aki mobil dari Hitachi ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 693 ribu untuk kapasitas 35 Ah, jenis Drycharge atau aki basah. Sementara aki MF ditawarkan mulai Rp 918 ribu kapasitas 35 Ah. Hitachi Battery bisa dijumpai di GIIAS 2019 bertempat di Hall 10-A9, ICE BSD, Tangerang Selatan. Juga dikota-kota lainya.

Untuk mendapatkan harga aki mobil Hitachi termurah Anda bisa langsung membeli melalui supplier, distributor, dealer, agen, importir, dan lain sebagainya. Tentu beda spesifikasi dari aki tersebut maka harga yang ditawarkan pun juga berbeda.

DH anya saja gan garansi yang diberikan oleh setiap penjual pun berbeda-beda. Jangan lupa pastikan benar-benar bahwa toko tersebut terpercaya dan menjual barang-barang ori bukan bekas atau aki soak yang dibungkus dalam kemasan baru.

Ilustrasi aki soak. Sumber : jogjatokoaki.com
Ilustrasi aki soak. Sumber : jogjatokoaki.com

Jikalau ingin mengganti aki mobil dari bawaan pabrik dengan sesuai kapasitas yang dibutuhkan mobil. Maka sebaiknya dipikirkan secara matang-matang sebelum menggantinya dan konsultasikan kepada pihak ATPM mobil yang dimiliki sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan seperti komponen yang berhubungan dengan aki menjadi bermasalah.

Jadi itulah beberapa review jenis dan harga aki mobil Hitachi. Sekaligus sepintas terkait dengan Hitachi berikut perkembangannya. Seperti yang telah disampaikan di atas jika ingin benar-benar mengganti aki karena perihal soak ataupun mengganti dengan kapasitas yang lebih besar maka sebaiknya membawanya ke pihak yang lebih mengetahui urusan aki atau datang ke bengkel terpercaya.

Terakhir, terlepas dari jenis aki maupunmerek aki yang Anda pilih, tanggung jawab perawatan menjadi satu hal yang tidak boleh terlalaikan. Hal ini juga terlepas dari ketidak samaan tingkat dan pola perawatan pada sejumlah jenis aki, tetapi aki tetap berhak untuk mendapakan perawatan. Share ulasan ini dan nantikan artikel menarik lainnya.

Leave a Comment

Open chat