Kesehatan Aki, Harus Selalu di Jaga Oleh Kamu

Bagi sebagian orang memiliki kendaraan menjadi suatu hal yang patut untuk dipertimbangkan. Karena jika tidak dipertimbangkan dengan baik dan teliti maka jangan kaget, kamu akan menemukan variabel yang tidak kamu inginkan di kemudian hari seperti menurunnya kesehatan aki pada kendaraan kamu.

Kendaraan memiliki banyak sekali komponen yang memang harus dijaga kondisinya supaya tetap prima dalam kegunaannya sehari-hari oleh kamu. Jika tidak dalam kondisi prima, maka akan ada ketidak nyamanan dalam kegiatan kamu menggunakan kendaraan tersebut.

Dari semua komponen yang ada pada kendaraan, aki menjadi salah satu komponen yang sangat vital, melihat fungsi dan kegunaannya yang penting. Maka jika aki tekor, selalu jaga kondisi aki yaa jangan sampai lengah ketika memeriksa aki mobil kamu.

Aki mobil memiliki beragam jenis, tapi yang sangat dekat dengan kita adalah aki basah dan kering, apakah kamu sudah mengetahui  perbedaan aki kering dan aki basah? Jika belum segera cari tau dan pelajari dengan seksama supaya tidak terjadi kesalahan dalam perawatannya.

kesehatan aki
Gambar : tampak aki dari atas, sumber : gridoto.com

Memilih aki, tidak seperti kamu memilih rumah bersubdi yang akan kamu tinggali jika kamu memang memilih rumah tersebut. Akan tetapi memilih aki haruslah sesuai dengan kebutuhan dari mobil kamu dan juga kecocokan pada mobil juga. Jangan sampai salah ketika memilih aki mobil kamu ya.

Aki mobil akan sangat berpengaruh kesehatannya jika kamu pakai untuk mengemudi jarak jauh, karena dari situ kesehatan aki bisa kamu periksa secara praktis, apakah kondisi aki masih dalam kondisi yang prima atau tidak.

Berbicara tentang kesehatan aki, ada salah satu trouble yang sering melanda pada aki yaitu menempelnya jamur pada kutub positif maupun negatif pada aki. Yuk simak cara pembersihannya.

Jamur Pada Aki Mobil

Bagi kamu yang pernah mengalami hal tersebut pasti akan mengetahui bahwa pada mulany jamur yang muncul pada kutub positif maupun negatif hanya dalam jumlah yang kecil saja, akan tetapi jika dalam waktu yang lama dan terus kita diamkan, maka jangan salah jika akan bertambah banyak jamur yang muncul.

kesehatan aki
Gambar : jamur pada aki, sumber : kabaroto.com

Jika terus didiamkan, maka akan menganggu kinerja maupun akan menutupi kepala, menganggu sistem pengisian alternator aki juga, ketika alternator menghasilkan tegangan untuk pengisian aki terhambat oleh jamur yang berada di ujung kabel.

Jamur aki muncul karena hasil dari residu yang terjadi pada proses pada proses pengisian alternator menuju kedalam aki. Pada kondisi normal, jamur aki dapat muncul namun hanya sedikit saja tetapi ada penyebab lain yang dapat menimbulkan jamur pada aki lebih cepat menumpuk di kepala aki.

Jika kita meihat penyebab lainnya, overcharge bisa menjadi salah satu pennyebab lain dalam timbulnya jamur pada kutub positif maupun negatif.  Overcharge menjadi penyebab  jamur karena pengisian yang dihasilkan oleh alternator ke aki terlalu berlebihan.

Maka dari itu jangan sampai kebersihan kutub positif maupun negatif pada aki mobil tidak kamu perhatikan secara baik dan seksama. Jika kita melihat penyebab lain dari munculnya jamur di mobil kamu bisa dari kepala aki yang longgar sehingga saat mesin hidup alternator bekerja dan menghasilkan pengisian daya listrik.

Efek tersebut akan menjadi fatal dan menimbulkan jamur pada kutub positif maupun negatif karena kepala aki longgar dan menimbulkan hawa panas pada aki mobil kamu.

kesehatan aki
Gambar : aki mf, sumber : carsome.com

Jika pada kutub positif maupun kutub negatif pada aki mobil sudah terlihat jamur maka sebaiknya tak perlu menunggu lama lagi untuk segera membersihkan supaya tidak mengganggu kinerja aki dan tidak menurunkan kinerja aki pada mobil kamu.

Banyak sekali cara untuk membersihkan jamur pada aki mobil akan tetapi cara yang termudah dalam membersihkan jamur yang tumbuh pada kutub positif maupun kutub negatif di aki mobil kamu ialah menggunakan air panas kemudian disiramkan secara sedikit-sedikit pada area kepala aki atau kutub positif maupun kutub negatif.

Kemudian disikatkan secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi bekas ataupun sikat kecil untuk menjangkau bagian-bagian yang tidak dapat dijangkau oleh air panas tersebut sehingga jamur yang ada pada kutub positif maupun kutub negatif dapat bersih secara menyeluruh.

Jika kamu sudah membersihkannya dengan air panas dan menggunakan sikat gigi kecil yang bekas ataupun sikat kecil maka, jangan lupa untuk menyiramnya kembali dengan air panas. Supaya kotoran yang sudah dibersihkan terlebih dahulu maupun jamur yang sudah disikat tadi dapat terbuang dengan baik dan menghasilkan hasil yang bersih.

Adapun cara yang lain kamu bisa melepas kabel dari kepala aki saat proses pembersihan menggunakan air panas dan sikat kecil guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal sehingga bagian dari dalam kabel pengikat tersebut dapat lebih mudah untuk dibersihkan dan tidak menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan.

Nah jika kepala aki maupun kutub positif ataupun kutub negatif yang ada pada aki mobil selalu dalam keadaan bersih dan tidak berjamur maka sudah bisa dipastikan kinerja maupun pengisian maupun penyuplaian daya listrik dapat bekerja dengan baik dan normal.

Itulah infromasi yang dapat kami berikan mengenai kesehatan aki mobil. Jaga selalu kesehatan mobil kamu dengan melakukan berbagai macam pengecekan secara rutin dan berkala, supaya selalu terjaga kondisi mobil kamu dan mendapatkan kenyamanan yang berlebih.

Selalu jaga kesehatan dimanapun kamu berada, semoga bermanfaat infromasi yang sudah kami berikan tadi, jangan malas-malas ya untuk melakukan pengecekan pada aki mobil kamu. Selalu semangat dan terimakasih.

Leave a Comment

Open chat