Inilah Sebab Utama Aki Mobil Cepat Habis

Inilah Sebab Utama Aki Mobil Cepat Habis

Aki mobil cepat habis secara tiba-tiba, padahal baru saja diganti dan belum mencapai batas maksimal penggunaannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Umumnya aki memakai tegangan 12 volt. Mobil mempunyai elemen-elemen yang mampu menyimpan aliran arus listrik. Pengisian aliran ini membutuhkan alternator ke aki.

Alternator sendiri berhubungan dengan kondisi mobil. Apalagi perawatan aki dianggap hal sepele sehingga sebagian orang mengabaikan hal ini. jika secara terus menerus aki tidak dirawat maka akan rentan soak ataupun tekor. Untuk menghindari hal tersebut maka artikel ini akan menjelaskan alasan aki mobil mudah habis.

Ilustrasi Pemasangan Aki Mobil, sumber ig minitucson
Ilustrasi Pemasangan Aki Mobil, sumber ig @minitucson

Penyebab Aki Mobil Cepat habis

Fungsi aki pada mobil adalah salah satu yang paling penting. Saat aki bermasalah, pengguna kendaraan akan merasa kerepotan sekali. Masalah yang terjadi pada aki bisa berbagai macam. Berikut ini penyebab aki mobil cepat habis, dari mengetahui apa saja yang membuat aki soak bisa lebih menjaga mobil dengan baik :

1. Aki Sudah Rusak Dan Tidak Bisa Menyimpan Arus

Seperti yang telah diulas di atas bahwa aki berfungsi sebagai penyimpanan arus. Aki yang telah lama digunakan tentu kinerja menyimpan arus listrik juga menurun atau sama sekali tidak bisa menyimpannya. Untuk mengetahui lebih dini keadaan aki maka bisa melakukan pengecekan ke bengkel resmi aki.

Beberapa alat sederhana yang bisa digunakan yaitu hidrometer. Penggunaan alat ini dengan melihat berat jenis air ai, jika hasil pemeriksaan menunjukkan warna merah berarti kemampuan aki untuk menyimpan arus berkurang, sementara jika menunjukkan warna kuning maka aki tersebut masih bisa dikuras dan charge ulang.

Cara kedua untuk pengecekannya yaitu memakai voltage drop, jika saat menstarter mobil menunjukkan angka di bawah 9 volt maka siap-siap untuk menyiapkan budget mengganti aki yang baru.

Aki Mobil, sumber ig myzdegree
Aki Mobil, sumber ig @myzdegree

2. Sistem Pengisian Yang Tidak Bekerja Normal

Penyebab aki mobil cepat habis berikutnya terkait alternator mobil. Cara mudah untuk pengecekannya yaitu menggunakan avometer ke voltage kemudian dipasangkan pada kedua terminal baterai positif dan negatif. Berikutnya menaikkan rpm mesin sampai 2000 rpm dan perhatikan dengan seksama tegangan di avometer. Rentang angka normal berada diantara sekitar nilai 13,8 v hingga 14,5 v. Jika sampai 15 ke atas maka terjadi overcharge tetapi jika kurang dan harus memeriksa kembali ke bagian alternator.

3. Terjadinya Arus Parasit

Apa itu arti arus parasit? Istilah ini digunakan saat aki dicek sudah oke, pengisian berjalan lancar, namun tiba-tiba tidak kuat untuk di-starter. Saat kunci kontak off seharusnya semua sistem dimatikan kecuali alarm, tetapi jika ada sistem yang masih bekerja maka akan mengambil aliran arus listrik dari aki sehingga lama kelamaan akan habis. Sebagian masalah ini disebabkan oleh rangkaian elektrik di mobil.

Jadi itulah penjelasan mengenai sebab musabab aki mobil cepat habis. Jika sudah mengenali pertanda sejak awal maka sebaiknya melakukan pengecekan sendiri ataupun membawa mobil ke bengkel aki langganan. Tentunya kondisi aki yang belum parah masih bisa diperbaiki, akan tetapi jika sudah terlanjur rusak parah maka harus segera menggantinya supaya kerusakan tidak merembet ke bagian mobil lainnya.

Leave a Comment