Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi : Beli Baru Atau Tukar Tambah Saja?

Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi : Beli Baru Atau Tukar Tambah Saja?

Aki mobil merupakan komponen yang tidak bisa disepelekan. Jika komponen ini rusak maka otomatis mobil tidak bisa berjalan karena mobil tidak mampu mengangkat starter. Dan karena keberlangsungan fungsi aki mobil merupakan suatu hal yang penting dan merupakan komponen vital kondisi aki juga harus terjaga. Apa jadinya jika aki mobil tidak mengisi secara otomatis ketika kita menyalakan mesin?

Merawat aki merupakan suatu keharusan bagi pemilik kendaraan roda empat. Dengan perawatan yang benar, maka merk aki mobil apapun yang dipakai akan menjadi awet dan memliki kinerja optimal. Dengan perwatan yang baik pula usia aki menjadi lebih panjang. Maka pastikan jangan sampai aki mobil tidak mengisi karena akan mengacaukan aktivitas anda.

Jika aki mobil tidak mengisi secara otomatis

Aki mobil daya listriknya akan terpakai jika kita menyalakan starter, menyalakan lampu, menggerakkan AC, atau audio mobil. Akan tetapi aki akan segera terisi kembali seiring kita menjalankan kendaraan. Sistem pengisian otomatis dari aki tersebut dibuat sepraktis mungkin oleh produsen mobil.

Aki Mobil Tidak Mengisi
Aki mobil merk GS sumber ig @agungparts

Namun apa jadinya jika aki mobil tidak mengisi secara otomatis ketika mesin mobil sudah dinyalakan. Jika hal itu terjadi pasti ada beberapa kesalahan atau kerusakan. Tandanya adalah ketika mesin sudah lama dinyalakan dan setelah dimatikan starter tidak mau atau tidak mampu menyalakan mesin. Untuk kasus seperti ini memang harus ditangani.

Penyebab aki mobil tidak mengisi secara otomatis.

Jika aki mobil tidak mengisi secara otomatis harus segera diteliti penyebabnya. Kita bisa saja melepas aki dari mobil dan diisi secara pengisian listrik manual. Akan tetapi hal ini bukanlah solusi. Dibawah ini ada beberapa penyebab aki mobil tidadk mau mengisi kembali.

Kerusakan pada dinamo ampere

Dinamo ampere atau alternator memiliki fungsi sebagai pembangkit listrik ketika mesin berjalan. Dengan adanya energi lsitrik yang dihasilkan dari alternator tersebut maka kelistrikan yang ada di mobil akan di suplay oleh alternator termasuk mengisi ulang daya baterai atau aki.

Alternator mati menjadikan suplai kelistrikan di mobil menjadi hilang dan otomatis aki mobil tidak mengisi dengan sendirinya. Jika itu terjadi maka dipastikan mobil akan mogok. Ada beberapa sebab alternator tidak berfungsi dengan baik. Permasalahan pada IC regulator, pada dioda atau koil rotor putus menyebabkan alternator tidak berfungsi.

Masalah sambungan kabel antara dinamo ampere dan aki

Sambungan antara alternator sebagai pembangkit listrik dengan aki yang akan diisi listrik terganggu maka menyebabkan aki tidak bisa terisi dengan sendirinya. Bisa jadi kondisi aki masih bagus dan alternator masih baik akan tetapi karena masalah sambungan fungsi alternator menjadi tidak berjalan. Penyebabnya bisa karena kotoran kerak yang menyumbat sambungan atau sekering yang yerputus atau hal lainnya.

Aki sudah tidak layak pakai atau rusak

Jika masalahnya ada pada aki maka hal yang paling tepat adalah mengganti aki yang lama dan bermasalah tersebut dengan aki yang baru. Aki mobil tekor dan tidak bisa diisi kembali menandakan usia aki sudah tua dan waktunya diganti.

Aki Mobil Tidak Mengisi
Aki mobil harus selalu dipantau kinerjanya. Sumber Insplash

Tukar tambah aki

Ada sebagian toko aki Jogja yang melayani tukar tambah aki. Yang menjadi catatan disini adalah ketika aki anda sudah rusak maka jika masih laku untuk ditukar tambahkan pastikan mendapat tukar tambah aki yang baru. Tukar tambah dengan sama sama aki bekas seperti membeli kucing dalam karung kita tidak tahu kondisi dan usia aki.

Tempat untuk tukar tambah aki untuk di Jogja bisa ke daerah Jejeran, Pleret atau di Jalan Wonosari yang merupakan jalan raya jalur wisata. Disana ada banyak kios atau toko yang khusus menjual aki. Banyaknya kios aki di Jalan Wonosari dikarenakan Jalan Wonosari merupakan jalur yang dilewati kendaraan wisata baik dari penyedia jasa wisata di Jogja atau kendaraan pribadi yang akan berwisata.

Leave a Comment