Inilah Fungsi Aki Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Inilah Fungsi Aki Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Fungsi Aki Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Aki (Baterai) merupakan komponen penting dalam kendaraan bermotor terutama mobil, tapi tak semua pengendara mobil mengetahui apa fungsi aki mobil secara benar. Apalagi bagi pengendara yang baru belajar menyetir, segala macam bagian mobil belum diketahui dengan baik.

Aki atau yang dikenal sebagai accu merupakan penyimpanan arus listrik yang akan menggerakan mobil. Dengan mengetahui lebih dalam fungsi dari aki tersebut maka jika terjadi sesuatu keadaan yang tidak diinginkan di jalan bisa mengetahui penyebab dari kendala mobil tersebut. berikut penjelasannya:

Charge HP pada Mobil
Charge HP pada Mobil

Fungsi Aki Mobil yang Wajib Diketahui
Inilah beberapa fungsi aki yang perlu diketahui selain untuk menyimpan arus listrik masih ada hal penting lainnya yaitu:

1. Penyimpan Energi

Fungsi aki secara umum adalah tempat untuk menyimpan energi. Saat mesin mati, aki lah yang bertugas untuk penyedia energi listrik yang paling utama. Sedangkan ketika mesih sudah hidup, maka sistem pengisian akan menggantikan fungsi aki sebagai penyedia energi listrik. Energi listrik ini pun digunakan untuk mengisi energi aki. Nah proses pengisian energi ke aki ini nantinya akan digunakan lagi untuk menyalakan mesin atau yang lainnya saat dibutuhkan lagi

2. Sebagai Komponen Penyuplai Energi Ke Starter

Fungsi aki berikutnya yaitu sebagai penyuplai energi ke starter. Kok bisa? Tentunya energi yang tersimpan di dalam baterai akan di suplai aliran listrik yang diedarkan ke starter. Jadi ketika anda akan menstarter mobil komponen terpenting tersebut yaitu aki ini. Apabila aki mulai tekor atau cepat habis tentu akan mempengaruhi performa mobil, bisa jadi saat akan bepergian mobil berbunyi tek-tek-tek. Dari hal tersebutlah maka sebaiknya memeriksa keadaan aki secara rutin.

3. Sebagai Penyuplai energi Ke Sistem Pengapian

Fungsi aki mobil selanjutnya yaitu sebagai salah satu komponen penyuplai energi ke sistem pengapian pada mobil. Sistem pengapian ini yang akan berpengaruh pada kinerja mesin mobil. Jika ada permasalahan pada pengapian tentu performa mobil tidak dapat berjalan secara normal. Maka dari itu sebaiknya jangan menyepelekan untuk perawatan aki secara baik dan benar. Meskipun mobil dengan aki basah harus lebih melakukan perawatan secara rutin, bukan berarti perawatan aki kering tidak diperhatikan.

4. Sebagai Komponen Penyuplai Energi Ke Bagian Lampu

Lampu merupakan salah satu komponen krusial yang harus ada di setiap kendaraan. Bisa dibayangkan jika suatu kendaraan tidak ada komponen tersebut, apalagi di malam hari tentu akan mengganggu perjalanan. Pada siang hari lampu juga sangat penting untuk dinyalakan untuk keselamatan berkendara. Apabila lampu mobil tiba-tiba mati maka bisa jadi salah satu penyebabnya yaitu aki yang mulai soak. Mengingat fungsi aki sebagai penyuplai ke bagian lampu.

5. Sebagai Komponen Penyuplai AC

Tak kalah penting dari fungsi lampu, AC juga dibutuhkan oleh mobil saat suhu di luar lebih tinggi. Komponen yang menyuplai dari keberadaan AC yaitu Aki. Aki memang mempunyai fungsi lebih banyak untuk peralatan elektronik mobil. Jadi untuk tetap menjadi kestabilan keadaan piranti elektronik mobil maka tetap menjaga dan merawat aki.

Audio Video Pada Mobil
Audio Video Pada Mobil

6. Sebagai penyuplai energi komponen lainnya

Selain komponen-komponen yang dijelaskan di atas, aki juga menyuplai energi ke komponen lainnya. Namun komponen ini hanya komponen tambahan untuk mobil bukan komponen yang begitu penting. Komponen tersebut antara lain : Audio video yang ada di dalam ruangan mobil, komponen ini menggunakan energi aki sebagai daya utamanya.
Komponen yang lainnya adalah charge HP pada mobil. Sekarang ini sudah banyak memanfaatkan mobil untuk mendapatkan penghasilan sampingan, seperti gocar, grab dan lainnya. Dan menggunakan HP sebagai iteraksi antara driver dan penumpan. Maka charge hp diperlukan agar hp selalu dalam kondisi hidup.

Jadi itulah beberapa fungsi aki mobil yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya. Dengan memahami segala manfaat aki tersebut maka lebih berhati-hati dan merawat komponen aki dengan benar. Salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter ataupun piranti elektronik tidak bisa menyala maupun berjalan normal yaitu keadaan aki mobil. Setelah memahami fungsinya anda bisa lebih mudah untuk megetahui cara mengatasia permassalahannya.

Leave a Comment