Charger Aki Mobil : Solusi Recharge Aki Mobil Anda

Berpergian menggunakan mobil pribadi memang menyenangkan. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi mobil sebelum bepergian. Salah satunya adalah aki mobil. Pastikan bahwa aki mobil Anda dalam keadaan baik. Karena aki merupakan bagian penting dalam kendaraan. Aki digunakan sebagai sumberdaya awal untuk menyalakan mesin, maka akan lebih nyaman ketikan berpergian diawali dengan kendaraan yang sehat.

Namun apa jadinya jika daya pada aki mobil turun? Jika daya aki menurun, maka untuk menyalakan kendaraan anda dibutuhkan tenaga yang ekstra dari biasanya, tetapi yang lebih parah adalah mobil tidak bisa dinyalakan. Lalu, adakah solusi saat daya aki menurun? Tenang saja, masih ada solusinya, aki yang dayanya menurun alangkah baiknya di-charge menggunakan charger aki mobil. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi matinya mobil ketika Anda sedang dalam perjalanan.

Sekarang ini banyak jenis charger aki dengan harga terjangkau dengan harga mulai dari 100rb hingga 500rb tergantung pada besar Voltase dan Ampere dan juga harganya tegantung dengan teknologinya yang cocok sebagai solusi dalam mere-charge aki mobil anda.

Gambar Mobil Mogok
Gambar Mobil Mogok

Jenis Charger Aki Mobil
Aki merupakan komponen penting dalam mobil. Seringnya penggunaan aki untuk perjalanan mobil tentu akan membuat kondisi dan performa aki menurun. Apabila performanya menurun tentu akan terjadi beberapa masalah, seperti mesin mobil yang mati dan klakson mobil yang tidak berbunyi keras. Mengisi ulang daya aki menjadi salah satu solusi bagi Anda guna meningkatkan kembali daya aki.

Pada saat ini, sudah banyak tersedia charger aki mobil dalam berbagai variasi jenis dan harga bagi Anda. Anda dapat memilih jenis charger yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Charger aki ini bisa digunakan untuk men-charge aki 6 volt, 12 volt, 18 volt, dan 24 volt. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengisi baterai aki di bengkel aki, maka membeli charge aki sendiri adalah salah satu pilihannya. Sekarang sudah banyak jenis charger aki yang dijual di pasaran yang bisa dengan mudah anda dapatkan.

Salah satu model charger aki yang sekarang banyak diminati adalah charger aki mobil portabel. Kelebihan charger ini adalah mudah dibawa saja dan mudah digunakan. Ada berbagai jenis charger portabel ini salah satunya merk Telwin seri Leader 220 start, harga charger ini cukup tinggi yaitu 4,5 juta. Namun harga yang lumayan tinggi ini sebanding dengan kualitas produk, karena charger ini sudah full auto, sehingga arus listrik akan berhenti disalurkan, jika aki sudah full.

Mengisi Daya Aki
Mengisi Daya Aki

Tips Pilih Charger Aki
Berikut tips dalam memilih charger aki yang tepat untuk kendaraan anda ;

  1. Membuat Pilihan Tepat: diawasi atau tanpa pengawasan pengisian.
    Anda dapat memilih untuk mengisi baterai aki mobil Anda secara manual atau otomatis. Untuk menghindari pengisian aki yang berlebih sebaiknya Anda memilih yang otomatis memberhentikan arus listrik jika sudah penuh.
  2. Jenis Baterai. Jenis yang beda tentu saja berbeda cara menanganinya. Charger yang digunakan harus sesuai dengan jenis baterai yang digunakan. Karena akan berbeda antara aki kering dengan aki basah.
  3. Voltage. Anda harus memastikan tegangan charger sesuai dengan tegangan baterai. Jika salah memilih voltase, aki akan cepat rusak dan bahkan aki bisa meledak karena kelebihan daya.
  4. Ukuran. Setiap baterai membutuhkan jumlah tertentu untuk memenuhi daya yang dibutuhkan. Contohnya baterai 100 Ah memiliki “C-Rate” dari 100 amp akan membutuhkan waktu 10 jam untuk men-charge ulang jika menggunakan 12 V/10A.

Jadi, itulah beberapa ulasan mengenai charger aki mobil beserta tips dalam memilihnya. Memang semuanya terlihat agak sepele namun dengan tetap menjaga kualitas dari aki sendiri maka aki akan dapat digunakan lebih lama dibandingkan dengan yang memakai aki secara tidak terawat. Dan pastikan anda memilih jenis charge aki yang sesuai dengan aki anda, jika tidak maka anda akan rugi sendiri.

Sekian dari kami, Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan semoga anda mendapatkan charger sesuai dengan kriteria aki yang anda miliki. Bijak-bijaklah dalam memilih charger aki dan selamat mencari charger aki terbaik bagi Anda. Terima kasih.

Leave a Comment

Open chat