Cara Melepas Aki Mobil dengan Mudah

Cara Melepas Aki Mobil dengan Mudah

Cara melepas aki mobil memang terlihat mudah. Tetapi pada nyatanya masih terdapat kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Kesalahan ini tentunya harus dapat dihindari agar fungsi aki mobil tetap normal dan tidak sampai terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Oleh karena, itu pada pembahasan kali ini akan menyajikan cara melepas aki mobil dengan beberapa langkah yang harus dilakukan.

Sebenaarnya untuk melepas aki mobil bisa dilakukan sendiri dirumah jika mengetahui tekniknya dan tersedia alat yang dibutuhkan. Dan alat yang dibutuhkan pun cukup sederhana dan tidak terlalu banyak. Jadi, jika akan melepas aki mobil sendiri dengan cara yang benar maka simaklah baik – baik penjelasannya.

Cara Melepas Aki Mobil
Aki adalah komponen utama pada mesin kendaraan. Suber unsplash

Empat Langkah Melepas Aki Mobil

Berikut ini adalah langkah – langkah untuk melepas aki mobil dengan baik dan benar. Dengan menggunakan cara melepas aki mobil yang benar tentunya akan memperkecil resiko bahaya dan kerusakan yang ditimbulkan.

Langkah Pertama, Melepas Terminal Negatif

Sebagai langkah awal cara melepas aki mobil adalah siapkan kunci ukuran 10 untuk mengendurkan terminal aki. Apabila sudah kendur segeralah melepas terminal aki negatif. Kemudian amankan kabel massa (kabel warna hitam polos), jangan sampai mengenai kepala aki.

Pada langkah pertama ini wajib dilakukan agar saat membuka terminal positif kunci 10 tadi tidak mengakibatkan konsleting. Apabila ada kotoran garam pada kutub yang akan kita lepas maka sebaiknya dibersihkan dahulu. Dan karena sifat korosif pada cairan elektrolit aki kadang juga merusak atau membuat ringkih komponen lain jadi perlu kehati-hatian ekstra.

Langkah Kedua, Melepas Terminal Positif

Seusai melepaskan terminal negatif pada aki, dilanjutkan dengan melepaskan terminal positifnya. Secara umum terminal positif memiliki ciri yaitu, kabelnya memiliki warna hitam dnegan strip merah. Atau di beberapa kendaraan menggunakan kabel berwarna merah semuanya.

Apabila akan melepaskannya bisa menggunakan kunci dengan ukuran 10 untuk mengendurkan murnya. Setelah lepas, usahakan kabel tidak mengenai kepala positif pada aki karena jika terkena kepala kutub aki akan terjadi aliran listrik. Jadi pada proses melepas kutub aki ini harus berhati-hati.

Langkah Ketiga, Melepas Besi Penahan

Hal berikutnya yaitu melepaskan besi penahan. Apabila terminal positif dan negatif pada aki telah dilepaskan secara aman, maka besi penahan tinggal dilepaskan. Sebelum melepaskannya perhatikan letak dari besi tersebut dahulu. Letak besi penahan ini biasanya terkait dengan bodi mobil. Oleh karena itu, ketika akan melepaskan harus hati – hati agar tidak menyentuh komponen lain. Jangan sampai karena tenaga yang kita keluarkan terlalu kuat malah gerakan kita dapat membentur komponen lain.

Langkah Keempat, Aki Diangkat Tegak Lurus

Langkah terakhir adalah melepas aki mobil. Untuk melepaskannya juga tidak sembarangan diangkat. Tetapi mengangkatnya dengan tegak lurus. Perhatikan pula saat mengangkat tidak terjadi guncangan. Hal ini dilakukan dengan tujuan air aki tidak tumpah dan membasahi komponen di sekitarnya.

Air aki yang tumpah sangat berbahaya karena mengandung asam sulfat . Cairan asam ini bersifat korosif dan bila mengenai bagian tubuh dapat menjadi melepuh. Bahkan bisa juga membakar atau melelehkan benda – benda plastik yang terkena tumpahannya. Selain itu jika terkena komponen dari logam akan menjadikan logam tersebut mudah sekali terkena korosi karena asam sulfat tersebut bersifat korosif.

Cara Melepas Aki Mobil
Aki mobil bisa dilepas sendiri untuk perawatan, Sumber Unsplash

Demikianlah empat langkah yang dapat dilakukan untuk melepas aki mobil. Cukup sederhana, akan tetapi jangan sampai keliru atau tertukar dalam melakukan langkah – langkah di atas. Sebab langkah yang keliru dapat mengundang bahaya, misalnya saja dapat terjadi hubungan arus pendek listrik atau korsleting dan tangan melepuh terkena cairan elektrolit.

Karena memang cairan pada aki bukan sembarang cairan, tetapi cairan elektrolit yang bersifat korosif. Jadi, perhatikan setiap langkah melepas aki mobil di atas dengan baik dan benar. Dan apabila terdapat masalah pada aki mobil yang kita pasang bisa di konsultasikan pada toko aki Jogja yang biasanya melayani jual beli aki dan sekaligus pemasangannya.

Atau jika akinya memang sudah tidak layak pakai maka bisa diganti yang baru. Dan anda bisa memilih beberapa merk aki yang bagus dengan harga bervariasi. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi pembaca semuanya. Selamat mempraktekkannya!

Leave a Comment