Alasan Mengapa Aki Mobil Sering Tekor

Alasan Mengapa Aki Mobil Sering Tekor

Aki mobil sering tekor tentu akan merepotkan sekali. Aki yang soak bisa berdampak pada mogoknya mobil di tengah jalan atau tempat yang jauh dari rumah. Oleh karena itu kita harus mengetahui fungsi aki mobil yang merupakan komponen penting bagi mobil karena sebagai tempa penyimpanan energi dan menyuplai energi tersebut ke piranti elektronik dalam mobil.

Aki menyuplai listrik untuk lampu, maka perhatikan penggunaan lampu yang terlalu banyak pada mobil.

Bahkan aki sangat dibutuhkan untuk menghidupkan mobil. Maka dari itu merawat aki secara rutin diperlukan untuk kelancaran dan kenyamanan perjalanan. Ada beberapa ciri aki tekor. Salah satunya adalah ketika mobil susah di starter maka tandanya aki pada mobil sudah tekor.

Lantas bagaimana aki mobil bisa tekor? Padahal kita sudah merasa merawat mobil dan aki nya dengan baik. Mungkin perawatan kita ada yang salah. Maka kita bisa melihat penyebab aki sering tekor di bawah ini. Berikut ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sederhana mobil yang sering tekor.

Mengapa Aki Mobil Sering Tekor?

Pernah mengalami di mana mobil tidak bisa di-starter atau dihidupkan, dalam kondisi tersebut tak ayal jika kadang muncul rasa khawatir. Inilah alasan aki mobil sering tekor terus yaitu:

Terlalu tinggi permukaan elektrolit aki atau malah sebaliknya berada pada posisi di bawah level low.

Maka yang benar cairan elektrolit tersebut berada pada rentang low dan high. Terkadang kita berusaha mengisi elektrolit aki kita sendiri tetapi jika cara kita salah malah menambah masalah pada aki.

Permukaan pada bagian penjepit ataupun klem pada terminal aki tidak kencang, kotor dan berkerak.

Kotoran tersebut tentu akan menjadi suatu masalah bagi kelancaran aki dalam menyalurkan energi tersebut. Pada penjepit terkadang terdapat kotoran garam sehingga kita diupayakan sering mengecek kondisi aki.

Pada bagian klem ataupun penjepit baik pada terminal positif ataupun negatif yang mengendur dan tidak kencang bisa menyebabkan tekor. Jadi jika aki mobil sering tekor bisa diperiksa pada bagian terminalnya

Ada salah satu piranti elektronik terlalu lama dalam posisi menyala.

Piranti listrik atau lampu indikator pada dashboard atau lampu kabin, lampu kabut, ataupun lampu utama menyala dalam beberapa jam setelah mesin mobil mati menyebabkan aki kehilangan daya. Mobil yang mati menjadikan daya listrik pada aki tidak terisi maka jika asupan daya tidak ada sedangkan daya keluar begitu besar maka daya listrik aki menjadi lemah.

Sering menyalakan perangkat elektronik pada mobil tanpa menghidupkan mesin.

Hal ini lama kelamaan akan menjadikan aki menjadi soak karena perangkat audio membutuhkan aliran strum dalam jumlah besar. Jika mesin mati maka alternator tidak bisa membantu pengisian aki tersebut sehingga antara output dan input tidak seimbang.

Selain itu, mobil yang lama tidak digunakan bisa mengakibatkan baterai aki tidak terisi. Maka jika kita memiliki mobil yang sering tidak terpakai alangkah baiknya jika rutin dipanasi.

Banyaknya aksesori tambahan di dalam mobil seperti audio maupun lampu-lampu lainnya.

Penambahan aksesoris yang membutuhkan daya listrik tentu saja menambah beban kinerja aki. Jangan sampai kita menggunakan aki standar tetapi memasang aksesoris yang memerlukan daya listrik yang besar.

Terjadinya kerusakan pada dinamo starter.

Dinamo starter berfungsi untuk menyalurkan setrum ke aki. Jika pada dinamo tersebut ada masalah tentu berakibat ke aki yang tidak bisa terisi penuh. Umumnya yang sering bermasalah di bagian alternator.

Aki yang berumur perlu di ganti. Sumber unsplash

Sel-sel pada aki memang sudah rusak

Kinerja aki akan berkurang setelah mencapai pada batas maksimal waktu penggunaannya. Oleh karena itu kita perlu membeli aki yang baru agar mobil bisa digunakan.

Jadi itulah beberapa alasan aki mobil sering tekor. Untuk tetap menjaga performa aki maka sebaiknya sering melakukan pengecekan sehingga bisa menghindari masalah aki yang tidak diharapkan. Jika aki sudah soak dan mobil tiba-tiba mati maka bisa melakukan jumper mobil ataupun mendorongnya. Jadi bukan berarti yang terpenting hanya merawat aki tetapi juga bagian mobil lainnya untuk kelancaran proses penyaluran energi tersebut.

Untuk mengganti aki mobil maka perlu memilih aki yang kualitasnya sudah terjamin. Maka percayakan pada toko aki Jogja yang berpengalaman dalam menyediakan aki mobil dengan berbagai type.

Leave a Comment